Loading...

Pengertian Macam-Macam Jenis Pajak Beserta Contohnya Lengkap

Loading...
Loading...
Pengertian pajak adalah iuran wajib yang harus dibayarkan oleh wajib pajak dapat dipaksa menurut ketentuan undang-undang yang berlaku, tidak mendapata presentasi kembali yang langsung ditunjuk guna memenuhi kebutuhan Negara baik itu pengeluaran atau pendapatan demi mensejahterakan masyarakat.
Pajak merupakan pendapatan terbesar bagi Negara Indonesia. Dan ada ketentuan-ketentuan yang harus diketahui oleh wajib pajak baik itu sistem yang harus ditaati maupun cara pembayarannya.

Menurut klasifikasinya pajak dibagi menjadi tiga yaitu, pajak menurut golongannya ada dua yaitu pajak langsung dan pajak tidak langsung kemudia pajak dipandang dari sifatnya ada dua yaitu pajak subjektif dan pajak objektif yang terakhir jika dipandang dari pihak pemugut dan pengelolanya dibagin menjadi dua juga yaitu pajak pusat dan pajak daerah. Berikut penjelsan mengenai pengertian pajak beserta contohnya.

Klasifikasi macam macam pajak pajak

Pajak menurut golongannya

Pajak menurut golonganny atau pajak menurut yang menanggungnya dibagi menjadi dua yaitu

a. Pajak langsung 

Pengertian pajak langsung adalah pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak yang harus secara individu dalm pembayarannya, tida bisa melibatkan atau diwakilkan oleh orang lain.

Contoh dari pajak langsung adalah pajak penghasilan (PPh) dan pajak bumi dan bangunan (PBB)

b. Pajak tidak langsung

Pengertian pajak tidak langsung adalah pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak namum boleh itu dirinya sendiri atau melibatkan orang lain, jika memang waktu yang mendesak dan mempercayai kepada orang yang diberi amanah untuk mewakilkan pembayaran pajak.

Contoh dari pajak tidak langsung adalah pajak kendaraan. Sah-sah saja anda mewakilkan pembayaran pajak kendaraan teman anda namun sudah memenuhi prosedur yang ada. Kemudian pajak penghasilan (PPN), pajak pertambahan nilai (PPn), bea cukai, pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) dan bea cukai.

Beban pajak yang dilimpahkan kepada konsumen dalam bentuk harga jual yang tinggi, itu sebenarnya dari pihak konsumen lah yang sudah membiayainya dalam teransaksi yang mereka lakukan. Contoh lainnya dari pajak tidak langsung adalah cukai tembakau atau pita rokok, dan juga cukai untuk minuman keras.

Pengertian Macam-Macam Jenis Pajak Beserta Contohnya
Gambar: Kantor Pajak

Pajak menurut sifatnya

Pajak menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Pajak subjektif

Pengertian pajak subjektif adalah pajak yang pemungutannya didasari oleh wajib pajak itu sendiri atau kondisi wajib pajak tersebut. Dengan alasan bahwa wajib pajak tersebut memiliki alasan objektif yang ada kaitannya dalam pembayaran si wajib pajak.

Contoh dari pajak subjektif adalah pajak penghasilan (PPh).

b. Pajak objektif

Pengertina pajak objektif adalah pajak yang sistem pemungutannya berdasarkan objek pajak yang di dimiliki oleh wajib pajak tanpa memperhatikan kodisi wajib pajak.

Maksudnya walau pendapatan wajib pajak itu naik atau turun maka tidak akan mempengaruhi pajak objektif tersebut.

Contoh pajak objektif adalah pajak pertambahan nilai (PPn), pajak bumi dan bangunan (PBB) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Menurut pihak yang memungut dan yang mengelola

Pajak menurut pihak yang mengelolanya atau pihak yang memungutnya dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Pajak pusat 

Pengertian pajak pusat adalah atau pajak Negara adalah pajak yang sistem pungutannya oleh pihak pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Pajak dan Kantor Pelayanan Pajak dibawah Departemen Keuangan.

Pajak Negara digunakan sebagai pendapatan Negara yang akan digunakan untuk biaya pengeluaran yang akan mensejahterakan masyarakat.

Contoh pajak Negara adalah pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai (PPN), kemudian pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). bea meterai, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan, bea cukai, pajak orang asing, serta pajak atas royalti dan dividen

b. Pajak daerah.

Pengertian pajak daerah adalah pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah. Baik itu pemerintah daerah tingkat satu atau pemerintah daerah tingkat dua.

Yang mana pajak daerah tersebut digunakan sebagai pendapatan daerah yang kemudia digunakan untuk membiayai pengeluaran daerah guna mengembangkan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Conthoh pajak pemerintah daerah adalah pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame atau retribusi.

Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian Macam-Macam Jenis Pajak Beserta Contohnya Lengkap"

Post a Comment


Loading...