Informasi dan Cara Membayar Pajak Sepeda Motor Yang Mudah

Bagi anda yang masih bingung mengenai cara membayar pajak motor maka pebhasan kali ini akan membahas mengenai bayar pajak motor. Karna pajak kendaraan bermotor itu harus ditunaikan. Karna undang-undang sudah mengatur pajak sepeda motor.

Langakah Mudah Bayar Pajak Motor

Semakin berkembangnya zaman semuapun semakin instan. Pekerjaanpun jauh semakin mudah dan ringan. Dengan menggunakan sepeda motor bepergianpun menjadi semakin cepat. Kendaraan beroda dua tersebut saat ini sudah menjadi pemenuh kebutuhan sehari-hari seperti mengangkut barang, mengantar dan lain-lain.

Akan tetapi dibalik itu semua motor tersebut haruslah dipajakan setiap tahun sekali. Dikarnakan mereka tidak tau atau memang malas membayar pajak secara langsung, maka mereka membayarkannya melalui perantara seperti calo loket pajak kendaraan di SAMSAT.

Padahal membayar pajak motor itu tidaklah terlalu rumit jika memang anda paham. Berikut akan saya paparkan cara membayar pajak kendaraan bermotor tanpa perantara, berikut langkah-langkahnya:

Langkah pertama yaitu anda harus mempersiapkan persyaratan sebelum mendatangi kantor SAMSAT setempat, daripada anda sudah nyampai sana kemudian balik lagi karna persyaratan yang tidak dibawa.

Informasi dan Cara Membayar Pajak Sepeda Motor Yang Mudah

Persyaratan yang perlu dibawa ketika ingin membayar pajak sepeda motor di SAMSAT pada uatu wilayah yaitu antara lain:

1. BPKB (bukti pembayran kendaraan bermotor) yang asli dan fotocopy jika kendaraan anda masih dalam masa kredit maka gunakanlah fotocopy dan legalisir.

2. STNK (surat tanda nomor kendaraan) yang asli dan fotokopy.

3. KTP (kartu tanda penduduk) asli dan fotocopy.

4. Satu lembar map.

Nah bagi anda yang belum memiliki BPKB (bukti pembayran kendaraan bermotor) yang asli atau masih kredit jangan bersedih semua itu pasti ada solusinya, dan solusi yang terbaik anda harus meminta surat pengantar dari tempat pembiaya kredit kita yaitu leasing.

Tapi yang sudah memiliki BPKB (bukti pembayran kendaraan bermotor) langsung saja tidak usah repot-repto.

Jika anda sudah yakin dan sudah mengecek semua persyaratan lengkap, anda bisa langsung mendatangi kantor SAMSAT setempat. Jika sudah tiba dilokasi tersebut, tempat yang pertama yang harus anda datangi adalah loket tempat pengambilan formulir.

Nah pada loket tersebut anda akan berjumpa dengan petugas yang akan melayani anda dan akan memberikan formulir untuk pengisian data kendaraan yang akan anda bayar pajak.

Agar tidak berantakan maka usahakan anda harus membawa map dan semua berkas harus anda masukan didalam map tersebut.

Jika anda lupa membawa map, atau bingung map yang sepeti apa yang digunakan, jangan hawatir karna diloket pengambilan formulir tersebut menyediakan map khusus yang akan digunakan untuk penyimpanan berkas. Harganya juga sesuai harga pasaran ko, jangan takun dibohongin.

Nah diloket tersebut juga akan ada petugas yang akan membantu mengecek kembali kelengkapan berkeas yang dibutuhkan untuk membayar pajak sepeda motor. Jika dirasa sudah lengkap dan tidak ada yang tertinggal, maka petugas tersebut akan mengarahkan anda kepada loket pengumpulan berkas.

Setelah anda serahakan berkas tersebut tunggu sejenak maka petugas akan memberitau berapa pajak yang harus dibayarkan untuk kendaraan tersebut.

Jika sudah mengetahui berapa besar pajak yang harus dibayarkan, maka langkah berikutnya tinggal membawa pada loket pembayaran pajak kendaraan bermotor SAMSAT.

Jika anda sudah membayarkan maka anda akan diarahkan oleh perugas untuk mengambil STNK dilokasi pengambilan STNK di loket STNK maka anda akan mendapatkan surat tanda lunas pajak yang sudah dicap oleh petugas. Cek ulang apakah STNK anda sudah di cap lunas dan sah. Jika sudah maka STNK anda akan seperti dibawah ini.

Informasi dan Cara Membayar Pajak Sepeda Motor Yang Mudah
STNK yang sudah dicap lunas pajak


Mudahkan, bagi anda yang masih melalui perantara untuk membayar pajak kendaraan bermotor sebaiknya untuk berprilaku tidak boros anda lakukan sendiri aja sesuai denga langkah-langkah tadi.

0 Response to "Informasi dan Cara Membayar Pajak Sepeda Motor Yang Mudah"

Post a Comment

wdcfawqafwef