Pendaftaran dan Cara Masuk Siakad IAIN RIL (Insitut Agama Islam Negri Raden Intan Lampung) Serta Sejarah Singkatnya

Jika anda ingin mendaftarkan ke IAIN RIL maka anda harus masuk terlebih dahulu ke siakad iain raden intan. iain raden intan adalah univesitas yang berada di lampung. Pendaftaran iain raden intan lampung sekarang sudah bisa lewat online.

Insitut Agama Islma Negri Raden Intan Lampung (IAIN RIL)

Sejarang Singkat Insitut Agama Islma Negri Raden Intan Lampung (IAIN RIL)

Jauh sebelum didirikannya kampus Insitut Agama Islma Negri Raden Intan Lampung (IAIN RIL), Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung (YKIL) telah berdiri lebih dulu yaitu bertepatan pada tahun 1961 di Teluk Betung.

Tahun 1963

Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung (YKIL) mengadakan musyawarah besar dengan dengan para ulama Lampung atau orang ternama di Lampung dan Pemerintah Daerah pada tahun 1963. Dalam rapat tersebut membahas mengenai akan membangunnya sarana dan prasarana pendidikan tinggi agama islam untuk masyarakat.

Hasil dari musyawarah tersebut menghasilkan sebuah kesepakan berupa akan didirikannya dua fakultas yaiut Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari’ah, inilah dua fakultas paling tua di IAIN RIL.

Karna masih merintis, awalmula berdirinya Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari’ah masih banyak sarana dan prasarana pendidikan yang terbatas ala kadarnya. Bahkan pernah juga mahasiswa IAIN RIL memakai gedung  gedung Fakultas Hukum cabang UNSRI di Teluk Betung dan di Masjid Al-Fur’qon Lungsir Teluk Betung. Waktu itu setatus IAIN masih bersetatus swasta.

Tahun 1964

Semenjak kejadian itu maka para inisiator dan yayasan berupaya agar mengubah status dari swasta menjadi negeri. Pada tanggal 13 Oktober 1964 menghasilkan suatu keputusan yang keluar dari surat Keputusan Menteri Agama R.I. No. 86 /1964 yang isinya perubahan status Fakultas Tarbiyah

Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung ( YKIL) menjadi Instansi Pemerintah (Negeri) yaitu : sebagai cabang Fakultas Tarbiyah  IAIN Raden Fattah Palembang di Teluk Betung. Sementara Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung masih membina Fakultas Syari’ah.

Tapi pada saat itu disyaratkan untuk memiliki tiga Fakultas seminim-minimnya. Akhirnya pada tahun 1965 Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung mendirikan satu fakultas lagi yaitu Fakultas Ushuluddin dengan menunjuk K.H. Zakaria Nawawi sebagai Dekan. Ketiga Fakultas tersebut mengambil tempat di Masjid Al-Fur’qon.

Tahun 1966

Pada Tahun 1966 Pemerintah Daerah menyerahkan Gedung Ex Sekolah Cina di jalan Kartini  untuk kegiatan perkuliahan Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syari’ah  dan Ushuluddin dan sejak saat itu kegiatan ketiga Fakultas tersebut dialihkan  dari Masjid Al-Fur’qon ke Gedung Ex sekolah Cina di jalan Kartini (Kaliawi).

Tahun 1968

Dengan memperhatikan aktivitas Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung sudah merasa banyak, maka untuk menyantuni ketiga fakultas tersebut perlu ada yayasan Khusus yang menangani.

Kemudian pada tahun 1966 itu juga atas putusan rapat Pengurus Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung maka terbentuklah Yayasan Perguruan  Tinggi Islam (YAPERTI) Lampung.

Berdasarkan surat  keputusan Menteri Agama No. 187/68 tanggal  26 Oktober  1968 berdirilah  satu Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) di Lampung dengan Nama ” IAIN al-Jami’ah, Al- Islamiyah,  Al Hukumiyah Raden Intan Lampung”.

Pendaftaran dan Cara Masuk Siakad IAIN RIL (Insitut Agama Islam Negri Raden Intan Lampung) Serta Sejarah Singkatnya

Siakad Insitut Agama Islam Negri Raden Intan Lampung (IAIN RIL) 

Sebelum membahas mengenai siakad IAIN RIL maka alangkah bagusnya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian SIAKAD?
Pengertian siakad adalah sebuah sistem yang telah dikembangkan berupa sistem informasi akademik online oleh instansi pendidikan, terlebih lagi instansi tersebut berorientasi pada jenjang perguruan tinggi, 

Fungsi SIAKAD

Sedangkan fungsi dari siakad tersebut adalah untuk mempermudah dari kalangan baik itu mahasiswa, Dosen dan masyarakat dalam mendapatkan inflormasi secara online yang bisa diakses dimana saja.

Masih banyak lagi fungsi dari siakad tersebut seperti sebagai wadah untuk perekrutan mahasiswa baru, pembuatan kurikulum, pembuatan jadwal kuliah agar tidak tabrakan antar dosen, penempatan kelas, melihat nilai akhir IP atau IPK dan yang sebutkan sendiri ya… di kolok komentar ok :D……. Nah langsung saja bagi anda yang kebingunan untuk masuk siakad Insitut Agama Islam Negri Raden Intan Lampung (IAIN RIL) (Insya Allah Sebentar Lagi mau jadi UIN) silahkan kunjungi alamat ini

https://siakad.iainradenintan.com/mahasiswa

siakad.iainradenintan.com

http://iainradenintan.ac.id/

https://siakad.radenintan.ac.id/web/  (masuk siakad IAIN)

https://siakad.radenintan.ac.id/mahasiswa/

Pilih salah satu aja ya. Tapi tenang saja siakad ini bisa dibuka untuk umum ko, bagi anda yang belum terdaftas sebagai mahas siswa IAIN bisa melihat-lihat dulu ada apa saja di IAIN. Sekarang sudah mempunyai lima fakultas yaitu Fakultas Tarbiya, Fakultas Syari’ah, fakultas Ushuluddin, fakultas Da’wah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Cara masuknya mudah saja tinggal masukan NPM (nomor pokok mahasiswa) dan kata sandi anda ….
Jika ada keganjalan bisa ditanyakan dikolom komentar….

0 Response to "Pendaftaran dan Cara Masuk Siakad IAIN RIL (Insitut Agama Islam Negri Raden Intan Lampung) Serta Sejarah Singkatnya"

Post a Comment

wdcfawqafwef