Pengertian, Definisi dan Arti ATM Serta Fungsi dan Kegunaan Anjugnan Tunai Mandiri

Dizaman moderen seperti ini membeli tidak mesti harus membawa uang, dengan hanya membawa kartu ATM atau kartu kreditpun sudah bisa. Jika memang dalam kartu ATM tersebut terdapat saldinya.

Jika memang anda termasuk orang yang suka lali dalam masalah uang yang sering jatuh, maka kartu ATM (anjunan tunai mandiri) ini tepat untuk anda. Jika anda sewaktu waktu membutuhkan uang maka tinggal ambil saja melalui atm. Cara mengambil uang di atmpun tidaklah sulit. Memang perlu diwaspadai, pengalaman pribadi pernah sekali kartu atm saya tertelan di mesin ATM, ketika itu memang sudah ada peringatan suaru brisik yang keluar dari mesin tersebut tapi karna saya tidak tau maka saya menghiraukan.

Pada layarnya memang ada tulisan "transaksi anda sedang diproses" jadi saya anggap memang lagi loading, tapi pada akhirnya kartu atm saya tidak bisa keluar. Solusinya tinggal anda datang saja ke customer servis.

Fungsi dari ATM sendiri juga bisa digunakan untuk mentransfer kerekening lain, dan cara mentransfer uang lewat atmpun mudah. Berikut artikel ini akan menjelaskan mengenai apa itu pengertian, arti, dan definisi ATM menurut para ahli.

ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Pengertian ATM (Anjungan Tunai Mandiri) 

ATM dalam bahasa inggris disebut Automatic teller machine, sendangkan dalam bahasa Indonesia disebut anjungan tunai mandiri.

ATM adalah alat elektronik yang difasilitasi oleh Bank kepada pemilik kartu ATM tentunya agar mempermudah dalam transaksi secara elektronik seperti mentransfer uang , mengambil uang, mengecek saldo dan lain-lain tanpa perlu diawasi oleh teller. dan setiap kartu diberikan PIN (Personal Identification number) yang berbeda guna untuk menjaga keamanan.

Sedangkan  menurut Ellen Florian (2004) pengertian ATM adalah 
”alat telekomunikasi berbasis komputer yang menyediakan tempat bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa membutuhkan seorang teller bank.”
Kartu ATM yang berbahan plastik ini diterbitkan oleh lembaga keuangan bank, yang dimana sudah ditetapkan batasan jumlah baik itu penarikan yaitu 5 juta atau transfer tunai maksimum perharinya.

Hal ini berujuan untuk mengantisipasi kerusakan yang kemungkinan terjadi pada mesin ATM dan juga mengantisipasi kelebihan penyeidaan yang tunai dalam ATM.

Dan pada umumnya bagi setiap nasabah yang menggunakan kartu ATM akan dikenakan biaya perbulannya dan biaya tersebut sudah ditentukan dari kebijakan Bank masing-masing.
Pengertian, Definisi dan Arti ATM Serta Fungsi dan Kegunaan Anjugnan Tunai Mandiri
Gambar: Contoh Kartu ATM Bank Mandiri Syariah (BSM)

Ada beberapa pelayanan yang diberikan oleh Bank terhadap nasabah yang menggunakan kartu ATM yaitu:

  • Mudah dalam penggunaan jasa perbankan
  • Lebih cepat dan tepat dalam pelayanan
  • Lebih aman
  • Berbagai bentuk jenis pelayanan yang disediakan 
  • Keluasaan waktu pelayanan

Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Kartu ATM

Ada beberapa fungsi dari penggunaan kartu ATM seperti penarikan uang secara tunai. Akan tetapi masih banyak lagi kegunaan kartu ATM bagi nasabah yang ingin memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Bank kepada nasabah berupa aktivitas perbankan seperti:

1. Dengan mudah mengecek saldo akhir

2. Bisa membayar pembayaran umum seperti tagihan listrik, telepon ari, handphone, uang kuliah dan lain-lain

3. Bisa dengan mudah melakukan pembelian tiket dan isi ulang pulsa

4. Bisa melakukan open transfer

5. Yang terakhir pengubahan PIN (Personal Identification number)

Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Debit

Perbedaan yang paling mencolok antara kartu ATM dan kartu debit yang dari cara penggunaannya. Jika kartu tersebut digunakan untuk transaksi pada mesin ATM maka kartu tersebut adalah kartu ATM sedangkan jika digunakan untuk transaksi atau pembelanjaan non tunai dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture), maka kartu itu disebut kartu Debit.

0 Response to "Pengertian, Definisi dan Arti ATM Serta Fungsi dan Kegunaan Anjugnan Tunai Mandiri"

Post a Comment

wdcfawqafwef