Pengertian Kurs Atau Nilai Tukar Rupiah Menurut Para Ahli

Salah satu fungsi perdagangan internasional adalah menjaga keseimbangan pasar internasional, sedangkan dalam konsep perdagangan internasional bagi setiap Negara yang bergabung di dalamnya, maka harus mengikuti peraturannya yaitu menyamakan alat pembayarannya yang sudah diresmikan. Alat transaksi yang diperlukan adalam perdagangan internasional adalah kurs valuta asing. Kurs valuta asing menunjukan berapa rupiah yang dibutuhkan untuk memperoleh setiap mata uang asing tersebut.

Pengertian Nilai Tukar 

Menurut Musdholifah dan Tony pengertian nilai tukar atau kurs adalah perbandingan harga mata uang antara satu Negara dengan Negara yang lainnya, misalkan kurs rupiah terhadap dollar Amerika, artinya berapa rupiah yang diperlukan untuk menggantikan satu dollar Amerika serikat. Karna dolar merupakan mata uang yang lebih relative stabil dalam sebuah perekonomian.

Menurut Triyono (2008), kurs (exchange rate) adalah pertukaran antara dua mata uang yang berbeda, yaitu merupakan perbandingan nilai atau harga antara kedua mata uang tersebut.

Kurs mata uang asing sangat tergantung sekali dari kondisi pasar. Dalam pasar bebas kurs akan berubah mengikuti perubahan permintaan dan penawaran.

Pengertian nila tukar rupiah 

Sedangkan pengertian nilai tukar rupiah adalah perbandingan antara nilai mata uang Negara satu dengan Negara yang lainnya yang tergabung pada perdagangan internasional. 
Nilai tukar suatau Negara menggambarkan kondisi mengenai permintaan dan penawaran terhadap mata uang dalam negri itu sendiri maupun mata uang asing atau dollar.

Jika nilai rupiah melemah maka itu sama saja menggambarkan bahwa menurunnya permintaan masyarakat terhadap mata uang rupiah, itu semua dikarnakan menurunnya peran ekonomi nasional, atau dikanakan berkurangnnya permintaan terhadap rupiah sedangkan meningkatnya permintaan atas dollar sebagai alat pembayaran internasional.

Sebaliknya jika semakin kuat nilai kurs rupiah itu sama saja menggambarkan bahwa semakin bagus pula kinerja pasar uang, sehingga banyak investor asing yang berinvestasi terhadap rupiah pada perusahaan atau pasar uang Indonesia.

Sedangkan laju inflasi yang tinggi mengakibatkan semakin melemahnya nilai tukar rupiah atau domestic terhadap mata uang asing. Hal yang demikian akan berdampak pada berkurangnya kinerja suatu perusahaan dan investai pada pasar modal.

Nilai kurs rupiah terhadap mata uang asing juga memiliki pengaruh negative terhadap pertumbuhan ekonomi dan pasar modal.

Jiak nilai rupiah melemah terjadap mata uang asing maka akan meningkatkan biaya-biaya lainnya seperti biaya impor, bahan-bahan produksi yang digunakan untuk memproduksi dan juga dapat meningkatkan suku bunga. Akan tetapi melemahnya nilai rupiah juga terkadang mendorong perusahaan untuk mengekspor.

Penentuan nilai tukar terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai mata uang asing yaitu:

a. Perubahan dalam cita rasa masyarakat

b. Perubahan harga dari barang-barang ekspor

c. Kenaikan harga-harga umum (inflasi)

d. Perubahan dalam tingkat bunga dan tingkat pengembalian investasi

e. Perkembangan ekonomi

Sistem kurs mata uang 


1. Sistem kurs atau nilai tukar mengambang (floating exchange rate system

Dalam konsep nilai tukar mengambang ini mata uang suatau negara hanyalah ditentukan oleh mekanisme pasar atau dari permintaan dan penawaran mata uangnya dalam bursa pertukaran mata uang internasional, tanpa ada campur tangan pemerintah sedikutpun.

Sedangkan maksud dari mengambang disini yaitu selalu berubah mengikuti berubahnya permintaan dan penawaran dipasar valuta asing.

Pengertian Kurs Atau Nilai Tukar Rupiah Menurut Para Ahli

2. Sistem kurs atau nilai tukar tetap (fixed exchange rate system)

Pemerintah dapat mempertahankan dengan suatu kebijakan yang membuat nilai mata uang Negara tersebut tetap pada tingkatnya, yaitu dengan menggunakan cara menjual dan membeli valas atau mata uang asing dengan jumlah yang tidak terbatas dalam kurs tersebut.

Akan tetapi kebijakan seperti ini tidak berlaku pada suatu Negara yang masih tergantung pada Negara lain atau sering menerima bencana alam tentunya dengan menetapkan kurs merupakan kebijkan yang penuh dengan resiko tinggi. Pada sistem ini mata uang suatu Negara akan ditetapkan secara tetap denga mata uang asing tertentu.

3. Sistem kurs atau nilai tukar terkendali (managed floating exchange rate system)

Sistem nilai tukar terkendali ini akan berlaku jika memang situasi dimana nilai tukar akan ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran, namun dalam hal ini Bank central ikut andil agar tetap menjaga menstabilkan nilainya.

Sejarah perkembangan kebijakan nilai tukar di Indonesia

Bermula dari tahun 1970 indonesia talah menerapkan tiga sistem nilai tukar yaitu:

1. Sistem kurs tetap dari tahun 1970 sampai 1978

Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang No.32 Tahun 1964, Indonesia menganut sistem nilai tukar tetap kurs resmi Rp. 250/US$. Demi menjaga kesetabilan nilai tukar pada tingkat yang telah ditetapkan maka Bank Indonesia melakukan intervensi aktif di pasar valuta asing.

2. Sistem mengembang terkendali mulai tahun 1978 sampai 1997

Pada tahun ini nilai tukar rupiah berlandaskan pada sistem sekeranjang mata uang (basket of currencies). Kebijakan ini diterapkan bersamaan devaluasi rupiah di tahun 1978.

Pada sistem ini pemerintah Indonesia saat itu menetapkan kurs indikasi ata pembatasan dan membiarkan kurs bergerak di psar dengan spreadtertentu.  Jiak kurs bergejolak melebihi batas yang telah ditetapkan baik batas atas atau batas bawah dari spread maka pemerintah akan melakukan intervensi.

3. Sistem kurs atau nilai tukar mengambang (floating exchange rate system

Mulai dari pertengahan Juli 1997 nilai tukar rupiah terhadap dollar semakin melemah atau nilai tukar dollar terhadap rupiah semakin menguat.

Maka sehubungan dengan itu pemerintah menghapuskan rentang intervensi (sistem nilai tukar mengambang terkendali)  guna mengamankan cadangan devisa yang terus berkurang.

Dan pada tanggal 14 agustus 1997 indonesia sudah mulai menganut sistem nilai tukar mengambang bebas (free floating exchange rate).

0 Response to "Pengertian Kurs Atau Nilai Tukar Rupiah Menurut Para Ahli"

Post a Comment

wdcfawqafwef