Loading...

Tips dan Cara Membayar Pajak Sepeda Motor Tahunan Secara Online Dengan Mudah

Loading...
Kali ini bayar pajak motor online sudah tersedia sehingga tidak ada alasan keterlambatan lagi pembayarannya. Dengan mengunjungi samsat online anda akan dilampirkan beberapa formulir yang harus anda isi,berikut langkah-langkah dan cara membayar pajak motor online:

Cara Membayar Pajak Motor Online

Jika anda tidak suka dengan mengantri panjang dikantor samsat pusat untuk membayarkan pajak motor anda, maka solusi yang paling tepat adalah membayar pajak motor dengan cara online. Hal ini juga sangat efektif membantu pelayanan pajak menjadi cepat.

Pelayanan tersebut dinamakan E-Samsat. Caranyapun tidak sulit anda bisa menggunakan kartu ATM, Mobile Banking dan internet banking, anda bisa membayarnya dimana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi kantor samsat.

Sehingga anda tidak perlu lagi antre panjang. Jika anda ingin mencoba membayar pajak kendaraan motor dengan cara online, berikut penjelasannya:

Langkah pertama anda harus harus mengunjungi website resmi samsat

Sebulun anda melakukan pembayaran maka anda harus registrasi terlebih dahulu melalui website resmi samsat sesuai dengan domisili anda contohnya bagi anda yang berdomisili jawa timur maka anda harus mengunjungi situs resmi www.esamsat.jatimprov.go.id.

Pada website tersebut anda akan dijumpai kolom dan anda harus mengisi kota lokasi, nomor polisi, dan kode keamanan. Dengan mengunjungi website tersebut anda akan mengetahui seberapa besar pajak yang dikenakan pada motor anda.

Langkah kedua masukan nomor BPKB

Setelah anda mengisi lengkap data yang diminta, maka selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan nomor BPKB dan juga anda akan diberi pilihan SAMSAT dan Bank mana yang akan menjadi tempat pembayaran anda.

Jika tahap tersebut sudah selesai, selanjutnya anda akan mendapatkan verifikasi dan mengenai lokasi dan SAMSAT untuk mengambil notice pajak.

Dan anda akan mendapatkan juga kode yang nantinya diperlukan ketika proses pembayaran. Karna pendaftaran online memerlukan data yang sesuai dan membutuhkan verifikasi, oleh sebab itu sistem keamanannya sangat terjamin.

Langkah ketiga bayarkan pajak tersebut ke Bank yang terdaftar

Kode yang sudah anda dapatkan tadi jangan samapi anda lupa, bila perlu anda catat karna akan digunakan ketika proses pembayaran di ATM atau Teller Bank yang terdaftar.

Perlu diingat bahwa setiap Bank pada setiap provinsi berbeda contohnya di area Jawa Timur memakai Bank Jatim sebagai tempat pembayaran.

Langkah terakhir pengesahan STNK (surat tanda nomor kendaraan) di SAMSAT  

Jika anda sudah membayar di Bank yang terdaftar dan tidak ada kendala maka anda akan diberikan kode bukti pembayaran yang anantinya akan digunakan untuk pengesahan STNK.

Tips dan Cara Membayar Pajak Sepeda Motor Tahunan Secara Online Dengan Mudah

Untuk melakukan pengesahan STNK tahunan lakukanlah di lokasi samsat yang telah ditentukan. Jangan lupa ketika melakukan pengesahan sertakanlah BPKB (bukti pembayaran kendaraan bermotor), STNK (surat tanda nomor kendaraan), dan KTP (kartu tanda penduduk).

Dengan adanya sistem pembayaran pajak online ini atau E-Samsat sangat membantu karna tidak perlu mengantri panjang lagi di samsat. Jadi dengan demikian tidak ada alasan lagi terlambat membayar pajak.

Jadi jika anda yang sering mengeluhkan antri panjang ketika membayar pajak kendaraan anda maka membayar pajak secara online ini sangat tepat menjadi sousi anda.

Loading...
Loading...

0 Response to "Tips dan Cara Membayar Pajak Sepeda Motor Tahunan Secara Online Dengan Mudah"

Post a Comment