Pengertian, Definisi, Arti Integrasi Ekonomi Nasional dan Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian dari  integrasi nasional adalah pencabutan apa-apa saja yang menghambat perdagangan internasional, sehingga antara kedua belah pihak (negara) bisa lebih bebes. Untuk terbentuknya integrasi internasional tentunya ada faktor pendorong integrasi nasional tersebut. Selain faktor pendorong tentunya adapula faktor penghambat integrasi nasional tersebut.

Dalam makalah integrasi nasional kali ini akan membahas mengenai apakah keuntungan integrasi ekonomi internasional  bagi negara. Jika negara mendapatkan keuntungan dari integrasi ekonomi internasional tersebut, apakah hal bagi pelaku bisnis, masyarakat dan lembaga-lembaga lainnya mendapatkan keuntungan juga? Jika tidak ancaman integrasi nasional atau internasional seperti apa yang akan dihadapi?

Makna Integrasi Nasional

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,integrasi berarti pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Kata Nasional berasal dari kata nation (Inggris) yang berarti bangsa.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,Integrasi nasional mempunyai arti sebagai berikut.

1. Secara politis,integrasi berarti proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

2. Secara antropologis,integrasi berarti proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan makna dari integrasi nasional adalah kesadaran untuk bersatu dari berbagai macam suku dan pulau untuk menjadi bangsa Indonesia.

Integrasi Ekonomi Dalam Perdagangan Internasional

Definisi Integrasi Ekonomi

Istilah “integrasi” dalam ranah ekonomi pertama kali digunakan dalam konteks organisasi dalam suatu industri sebagaimana yang dikemukakan oleh Machlup. Integrasi digunakan untuk menggambarkan  kombinasi atau penyatuan beberapa perusahaan dalam satu industri baik secara vertikal maupun horizontal. 

Sedangkan, istilah integrasi ekonomi dalam konteks negara, yang menggambarkan penyatuan beberapa Negara dalam satu kesatuan, diawali dengan teori Costum Union oleh Viner. Namun, batasan definisi yang baku tentang integrasi ekonomi diantara para ekonom belum juga ditemukan saat ini. Para ekonom mengembangkan definisi integrasi ekonomi dari berbagai sudut pandang yang berbeda satu sama lain.
Definisi integrasi ekonomi secara umum adalah pencabutan (penghapusan) hambatan-hambatan ekonomi diantara dua atau lebih perekonomian (negara). 
Secara operasional, didefinisikan sebagai pencabutan (penghapusan) diskriminasi dan penyatuan politik (kebijaksanaan) seperti norma, peraturan, prosedur. 

Instrumennya meliputi bea masuk, pajak, mata uang, undang-undang, lembaga, standarisasi, dan kebijaksanaan ekonomi. 

Teori Integrasi Ekonomi Menurut Kaum Liberal

Kaum liberal meyakini bahwa perdagangan bebas akan membawa perdamaian dalam hubungan internasional. Karena perdagangan bebas akan menciptakan interdependensi dan kerjasama  saling menguntungkan antar negara-negara pelaku pasar. 

Kaum liberal berpendapat  bahwa liberalisasi dalam ekonomi akan mengarah kepada kebebasan pasar dan minimalisasi peran negara. Sedangkan liberalisasi dalam politik akan mengarah kepada kebebasan dan persamaan individu. 

Sehingga terdapat hubungan erat antara  kebebasan pasar dengan kebebasan individu untuk saling bekerjasama dan  menciptakan perdamaian.

Selain itu, kaum liberal juga menyatakan bahwa seluruh bentuk ekonomi yang mengakar kepada tradisi pemikiran liberal menganggap bahwa mekanisme harga dan pasar adalah media yang paling efektif untuk mengatur hubungan ekonomi domestik dan internasional. 

Oleh karena itu, doktrin liberal mengenai kebebasan pasar bertujuan untuk pencapaian efisiensi maksimum, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan individu.

Perdagangan bebas merupakan media yang efektif dan damai dalam peningkatan kekayaan masing-masing negara. Karena negara-negara diuntungkan dengan kerjasama perdagangan yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

Lebih  dari itu, agar terciptanya a peaceful global order, sistem dunia harus diarahkan  menuju sebuah pasar global, dimana barang dan jasa dapat bergerak bebas melintasi batasan-batasan negara. 

Bahkan, dalam sebuah perdagangan bebas, secara alami, negara-negara akan mendapatkan keuntungan dari keunggulan komparatif (comparative advantage) dengan menjual beberapa komoditas tertentu kepada negara lain. Sebaliknya negara-negara lain akan menjual komoditas tertentu yang tidak dimiliki oleh suatu negara sehingga terjadi pasar yang saling melengkapi dan menguntungkan.

Pengertian Integrasi Ekonomi Internasional


Sedangkan jika dikaji menurut ekonomi makna integrasi jika dilihat dari kontek negara adalah suatu gambaran penyatuan dari beberapa Negara dalam satu kesatuan, yang diawali dengan teori Costum Union oleh Viner. Akan tetapi para ahli masih terus mengenbangkan definisi dari integrasi ekonomi.
Secara umum pengertian integrasi ekonomi adalah pencabutan atau penghapusan apa saja yang dapat menghambat aktifitas ekonomi internasional seperti bea cukai, diantara dua atau lebih perekonomian negara. 
Sedangkan jika daipandang  secara oprasional, integrasi ekonomi adalah sebagai penghapusan atau pencabutan diskriminasi dan penyatuan kebijaksanaan seperti peraturan dan prosedur.

Pengertian, Definisi, Arti Integrasi Ekonomi Nasional dan Internasional Menurut Para Ahli

Instrumen di dalam integrasi ekonomi


  • Bea masuk,
  • Pajak,
  • Mata uang,
  • Undang-undang,
  • Lembaga,
  • Standarisasi, dan
  • Kebijaksanaan ekonomi


Dari beberapa pengertian diatas dapat ditarik dua kesimpulan dari pengertian integrasi ekonomo adalah:

1. Penghapusan proteksi lalu lintas barang, jasa, faktor produksi (SDM dan modal) dan informasi dengan kata lain kebebasan akses pasar tergolong dalam integrasi negatif.

2. Penyatuan politik (kebijakan) dengan kata kunci harmonisasi, disebut juga integrasi positif.

0 Response to "Pengertian, Definisi, Arti Integrasi Ekonomi Nasional dan Internasional Menurut Para Ahli"

Post a Comment

wdcfawqafwef