Pengertian, Definisi dan Jenis Entitas Bisnis atau Usaha

Entitas Akuntansi Setiap unit pemerintahan yang menerima anggaran belanja atau mengelola barang adalah entitas akuntansi yang wajib menyelenggarakan akuntansi atas transaksi keuangan, dan secara periodik menyiapkan laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Pemerintahan.

Laporan keuangan tersebut disampaikan secara intern dan berjenjang kepada unit yang lebih tinggi dalam rangka penggabungan laporan keuangan oleh entitas pelaporan.

Pengertian Entitas Dari Berbagai Pandangan

Berdasarkan Konsep Ekonomi Pengertian  

Entitas  adalah setiap unit ekonomi yang menjalankan atau kegiatan finansial untuk kepentingan diri sendiri.

Unit ekonomi terdiri dari :

• Satu badan hukum.
• Dua atau lebih badan hukum yang bekerja sama membentuk suatu grup dan masing-masing menjalankan usaha demi kepentingan grup tersebut.

Berdasarkan Konsep Akuntansi Pengertian   

Entitas  adalah Suatu unit usaha atau kesatuan akuntansi, dengan aktifitas atau kegiatan ekonomi dari unit tersebut sebagai fokusnya.
Suatu kesatuan akuntansi bisa berupa suatu kegiatan atau fungsi saja, seperti misalnya : fungsi pengelasan dari suatu perusahaan karoseri, atau fungsi pengkreditan pada sebuah bank. Sebaliknya suatu kesatuan akuntansi atau entitas bias meliputi seluruh kegiatan yang dilakukan oleh suatu badan atau perusahaan raksasa, seperti umumnya perusahaan multinasional

Jenis Entitas Usaha

Bentuk entitas usaha umum di indonesia adalah perusahaan perseorangan, persekutuan, perseroan, dan koperaso yang memiliki karakteristik utama sebagai berikut:

1. Perusahaan peseorangan (proprietorship) dimiliki oleh satu individu.


  • Kebanyakan entitas usaha di indonesia dandi dunia adalah perusahaan perseorangan.
  • Biaya pendirian dan pengelolaan rendah.
  • Bergantung pada sumber daya keuangan pemilik usaha.
  • Diterapkan oleh usaha kecil.

2. Persekutuan (paetnership) mirip dengan perusahaan perseorangan, tapi dimiliki oleh dua atau lebih individu.


  • Di indodonesia kita mengenal firma dan CV sebagai jenis persekutuan. 
  • Menggabungkan kemampuan dan sumber daya lebih dari satu orang.

3. Perseroan (corporation) diatur dalam peraturan perundang-undangan sebagai entitas hukum terpisah yang dikenakan pajak.


  • Kepemilikan berdasarkan jumlah saham (sero) yang dijual di pemegang saha.
  • Dapat memperoleh sumber dana dalam jumlah besar dengan cara mengeluarkan saham.
  • Deterapkan oleh usaha berskala besar.

4. Koperasi.

Dimiliki oleh sekelompok orang (yang telah diakui sebagai anggota). Koperasi dijalankan oleh dan untuk anggota saja. Sebagai contoh adalah koperasi karyawan, koperasi pengrajin susu, koperasi pengusaha batik, dan lain sebagainya.

Jenis usaha jasa, dangan dan manufaktur dapat dijalankan baik sebagai perusahaan perseorangan, persekutuan, maupun perseroan.

Namun karena untuk mengelola usaha di bidang manufaktur diperluakan sumber dana yang besar  maka kabanyakan usaha ini berbentuk perseroan terbatas. Begitu pula halnya dengan peritel besar, seperti Matahari, Hero dan Ramayana yang berbentuk perseraon terbatas.

0 Response to "Pengertian, Definisi dan Jenis Entitas Bisnis atau Usaha"

Post a Comment

wdcfawqafwef