Sifat - Sifat dan Karakteristik Wirausahawan Menurut Bygrave dan Para Ahli Lainnya

Seorang wirausaha harus memiliki karakteristik seorang wirausaha, seperti yang dijelaskan oleh bygrave mengenai karakteristik wirausaha menurut bygrave dikenal dengan sembutan 10 D, yaitu dream, dicisiveness, doers, determination, dedication, devotion, details, destiny, dollars, distribute. Oleh sebeb aitu pembahasan kali ini akan membahas mengenai sifat sifat kewirausahaan, karakteristik entrepreneurship dan wirausaha menurut para ahli.

.Karakteristik kewirausahaan

1.Percaya diri

Seorang wirausaha harus memiliki keterampilan personal dan percaya diri serta memiliki kemandirian yang tinggi untuk tetap menjaga dan melanggengkan usaha yang dijalaninya. Harus tetap meningkatkan wawasan baik itu dari wawasan bisnis maupun meningkatkan jalinan sosial. 

Percaya diri merupakan modal yang sangat penting harus dimiliki oleh jiwa wirausahawan. Karna dari jiwa percaya diri yang sudah tertanam akan sangat diperlukan ketika menghadapi halangan dan rintangan dalam usaha yang digelutinya. 

2.Mampu menghadapi masalah

Sesuai dengan arti kewirausahaan bahwa kemampuan untuk selalu menciptakan inovasi baru yang berbeda melalui ide dan berfikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk baru yang digunakan untuk bersaing dengan competitor-competitor di pasaran.

Mereka tidak pernah mengharap dan ketergantungan terhadap orang lain, karna setiap saat pasti aka nada masalah yang akan datang dan wirausahawan harus mampu dalam menghadapi masalah usaha yang sedang mereka jalani.

Seorang wirausahawan dituntut untuk selalu menciptakan sumber-sumber baru, cara baru, teknologi baru, pengetahuan yang baru dan cara yang baru untuk menghasilkan produk baru dari barang yang sudah ada dengan tujuan untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen.

3.Berpendangan jauh kedepan

Seorang wirausahawan seharusnya mampu berprespektif kedepan dengan penuh kepercayaan dan lebih optimis. Jauh melihat kedepan apa usaha yang akan dilakukan dengan berfikir dan berusaha. Cepat dalam menemukan peluang usaha dan sigap dalam menanggapi peluang usaha tersebut kemudian melaksanakannya dengan perhitungannya yang matang.

Karna seorang yang mampu berorentasi kemasa depan itu artinya dia mampu membaca peluang dimasa depan dan selalu berkarya serta menciptakan inovasi-inovasi baru.

Pandangan yang jauh kedepan membuat wirausahawan tidak puas dengan apa yang dilakukan dalam kurun waktu dekat. Maka dia akan selalu dan terus mencari peluang-peluang bisnis yang baru.

4. Memiliki jiwa mental yang ulet dan komitmen

Wirausahawan harus memiliki mental yang kuat dan etos kerja serta bertanggung jawab terhadap usaha yang akan digelutinya. Dalam menjalani usahanya tersebut seorang wirausahawan akan terus memiliki semangat yang bergebu-gebu dalam meningkatkan usaha yang di gelutinya. Terus bekerja keras tidak mudah menyerah apalagi bekerja setengah-tengah dan tidak takut untuk mengambil peluang-peluang yang ada diahadapannya.

Tanpa giroh atau keinginan yang kuat seorang wirausahawan pasti akan menghadapi dengan namanya kegagalan dalam usahanya. Ketika ia jatuh, dia tidak akan menyerah begitu saja terus bangkit dan berkembang. Selalu bisa mengambil pelajaran dari pengalaman yang sudah ia lalui.

5. Berani mengambil risiko Richard Cantillon

Seorang wirausaha adalah seorang yang mampu menanggung risiko yang akan terjadi kedepannya. Tidak mempedulikan apa kata kebanyakan orang, ketika dia memiliki tekat yang kuat dan keinginan yang tinggi semua akan dia jalani dengan penuh percaya diri.

Seorang wirausaha dalam menentukan suatu keputusan dalam melakukan usaha tidak semata-mata hanya mengandalkan spekulasi saja, melainkan perhitungan yang matang baik itu dari jenis usahanya, modal yang akan dikeluarkan, pasar yang dituju, produksi yang dikeluarkan, harga yang ditentukan dan yang paling penting adalah laba yang akan diperoleh.

Dengan dasar tersebut seorang wirausaha berani mengambil langkah untuk memulai usaha yang telah dianalisis secara matang. Sehingga wirausahapun sudah kendala apa yang akan dihadapinya dan bagaimana cara mengatasinya.

Oleh sebab itu seorang wirausaha selalu berani mengambil resiko yang moderat, artinya risiko yang diambil tidak terlalu tinggi karna dalam dunia bisnis tidak akan bisa menghindari yang namanya risiko baik itu besar maupun risiko kecil.

Keberanian risiko yang didukung komitmen yang kuat mendorong wirausaha untuk terus berjuang mencari peluang sampai memperoleh hasil. Hasil-hasil tersebut harus nyata dan jelas serta objektif, karna hal tersebut merupakan umpan balik  bagi kelancara kegiatan.

Sifat - Sifat dan Karakteristik Wirausahawan Menurut Bygrave dan Para Ahli Lainnya


6. Memiliki jiwa kepemimpinan

Seorang wirausahawan yang berhasil juga merupakan pemimpin yang berhasil pula. Wirausahawan dikarakan seorang pemimpin dikarnakan mereka harus pandai dalam mencari mapun menciptakan peluang-peluang usaha, mengumpulkan sumberdaya meliputi manusia, bahan, teknologi dan modal yang akan dipergunakan untuk melakukan kegiatan usaha. Sehingga dapat menentukan tujuan baik itu bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain ataupun dapat memimpin orang lain untuk dapat mencapai tujuan.

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut bygrave dikenal dengan istilah 10 D yaitu sebagai berikut :

Sifat - Sifat dan Karakteristik Wirausahawan Menurut Bygrave dan Para Ahli Lainnya
Gambar: ByGrave

1. Dream 

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang pertama adalah dream atau angan-angan. Seorang wirausaha dituntut harus memiliki pandangan jauh kedepan berupa visi baik itu bersifat personal mengenai bisnis yang dijalani. Sehingga dimasa yang akan datang bisa membaca apa yang diinginkan oleh konsumen. Tidak hanya sekedar sebuah mimpi yang harus dimiliki oleh wirausahawan, melainkan tekat yang kuat untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

2. Decisiveness 

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang kedua adalah decisiveness. Decisive mempunyai arti tegas. Jadi untuk menjadi seorang wirausahawan harus mempunyai ketegasan, tidak bekerja lambat. Mereka harus membuat keputusan yang cepat dan tepat serta dengan penuh perhitungan. Kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan ini merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan bisnisnya.

3. Doers - Karakteristik wirausaha menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang ketiga adalah dorers. Pengertian doers adalah pelaku atau seorang yang berbuat. Seoarang pengusaha yang telah membuat keputusan harus bertindak secepat mungkin, dan tidak menunda-nunda.

4. Determination - Karakteristik wirausaha menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang keempat adalah determination. Determination ini mempunyai arti kebulatan tekan, ketetapan hati. Jadi seseorang yang berwirausaha harus memiliki kebulatan tekad atau ketetapan hati sehingga dalam menjalankan usahanya dapat memperoleh hasil yang terbaik. Kebulatan tekad juga berarti mempunyai keinginan yang kuat untuk sukses, disamping itu juga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan tidak mudah untuk menyerah begitu saja.

5. Dedication - Karakteristik wirausaha menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang kelima adalah dedication yang mempunyai arti pengabdian, persembahan. Jadi seseorang yang berwirausaha harus memiliki pengabdian terhadap bisnisnya, dengan kata lain harus menjalankan usahanya dengan serius atau tidak setengah-setengah, terkadang juga orang yang memiliki dedication sangat tinggi terhadap usahanya rela mengorbankan kepentingan keluarga demi usaha yang dijalankannya.

6. Devotion - Karakteristik wirausaha menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang keenam adalah devotion yang mempunyai arti kesetiaan atau ketaatan. Jadi seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya harus setia dan taat sesuai dengan peraturan yang telah dibuatnya sendiri, seorang wirausaha juga tidak mudah untuk mengeluh, tetap semangat dan semua kegiatannya dipusatkan semata-mata untuk kegiatan bisnisnya.

7. Details - Karakteristik wirausaha menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang ketuju adalah detail yang mempunyai arti rinci. Jadi seorang wirausahan sangat memperhatikan faktor-faktor kritis dengan sangat rinci dan teliti. Mereka tidak mau mengabaikan faktor-faktor kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.

8. Destiny - Karakteristik wirausaha menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang kedelapan adalah destiny, artinya adalah nasib. Jadi seorang wirausaha akan bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya.

9. Dollars - Karakteristik wirausaha menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang kesembilan adalah dollars, maksud disini adalah uang. Dimana seorang wirausaha tidak mengutamakan hal-hal yang berkaitan dengan uang atau kekayaan. Motivasinya bukan karena uang saja. Karena uang ini dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya. Ia berasumsi jika berhasil dalam bisnis maka ia layak memperoleh untung/laba (uang), bonus/hadiah.

10. Distribute - Karakteristik wirausaha menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan menurut ByGrave yang kesepuluh adalah distribute. Jadi seorang wirausaha harus bersedia mendistribusikan kepemilikian bisnisnya kepada orang-orang kepercayaannya, yaitu orang-orang yang kritis dan mau diajak mencapai sukses dalam bidang bisnis.

0 Response to "Sifat - Sifat dan Karakteristik Wirausahawan Menurut Bygrave dan Para Ahli Lainnya"

Post a Comment

wdcfawqafwef