Sikap dan Faktor Keberhasilan Wirausaha Yang Harus Diketahui Oleh Wirausahawan

Faktor keberhasilan wirausaha itu akan ditentukan oleh sikap wirausahawan itu sendiri. Sehingga ada beberapa karakteristik yang harus melekat pada wirausahawan yang nantinya akan digunakan ketika menjalani suatu usaha. Karakteristik wirausaha tidak lepas dari tanggung jawab dan kepribadiannya.

Potensi diri wirausahawan 

Ada beberpaa karakteristik atau potensi wirausahawan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha ketika ingin memulai usaha barunya atau ingin mempertahankan usaha yang dia jalani.

Faktor keberhasilan wirausahawan akan ditentukan dari kemampuan dasar, intelejensi yang dimiliki, etoskerjanya dan kepribadian yang sudah tertanam pada diri wirausahawan, berikut penjelasannya.

1. Kemampuan dasar

Seorang wirausaha harus memiliki modal atau kemampuan dasar pada dirinya sendiri, apapun itu baik berupa keahliah di segala bidang, memiliki skil yang kebanyakan orang tidak memilikinya, atau memiliki prestasi di jenjang sarjananya ataupun prestasi prestasi yang didapat selain di bangku kuliahan.

Sehingga ketika seorang wirausahawan itu sudah memiliki kemampuan dasar yang matang, maka mereka akan mudah untuk menyelesaikan masalah. Dengan kemampuan dasar yang sudah tertanam pada seorang wirausahawan akan menciptakan:

a. Intelejensi

Seorang wirausahawan dituntut untuk selalu memiliki ide yang kreatif, mampu menciptakan hal yang baru sesuai dengan apa yang diinginkan oleh kebanyakan konsumen. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan untuk menunjang kehidupan masyarakat pada umumnya. Memiliki intelejensi yang kuat dalam menentukan produk apa yang akan diproduksi.

Intelejensi meliputi

  • keahlian mate matis, sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam perhitungan maupun laporan keuangan yang akan digunakan untuk kepentingan usaha kedepannya.
  • mampu membaca peluang atau menganalisi walau usaha yang dijalaninya itu kecil
  • memiliki wawasan yang luas dalam segala aspek.
  • mampu mliah peluang baik itu dari konsepnya, wilayah maupun bisaya oprasional yang diperluakan.
Sikap dan Faktor Keberhasilan Wirausaha Yang Harus Diketahui Oleh Wirausahawan


b. Logika

Selalu berfikir rasional dalam menentukan baik itu brapa bahan yang diperlukan berapa biaya oprasional yang diperlukan, pangsa pasar mana yang akan dituju dan lain sebagainya. Sehingga tidak dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam menganalisis SWOT. Dengan harapan meraih keuntungan yang besar.

c. Daya tangkap

Harus memiliki daya tangkap yang cepat, dimana ketika mendapatkan maslah dengan mudah menyelesaikannya tanpa menimbulkan masalah lain. Sigap mengatasi masalah yang ada pada masyarakat apa sebenarnya yang dipermasalahkan dan diperlukan oleh masyarakat.

d. Bisa menangkap peluang

Dari ketiga penjelasana yang diatas maka akan timbullah sebuah ide yang diperoleh dari beberapa masalah yang ada kemudian bisa menangkap peluang yang ada. Karna masalah dalam masyarakat adalah peluang bagi wirausahawan.

2. Etos kerja

Tidak cukup memiliki kemampuan dasar yang matang saja, melainkan wirausahawan harus memiliki etos kerja. Sehingga akan menciptakan:

A. Ketekunan

Dalam menjalankan usaha terutama yang masih pemula, jiwa yang harus dimiliki adalah ketekunan dan ketelitian. Bahkan orang yang pintar saja bisa kalah dengan orang yang tekun. Tidak pernah meremehkan hal-hal yang kecil sedikitpun, selalu berusaha walau berdarah-darah.

B. Efesiensi

Mampu menciptakan produk dengan biaya yang kecil akan tetapi tingkat produksi yang maksimal. Mampu menciptakan produk yang berkualitas dengan biaya oprasional yang kecil.

C. Daya tahan yang kuat dati tekanan

Seorang pengusaha harus memiliki jiwa yang tahan dengan tekanan baik itu tekanan dari dalam maupun dari luar atau ekternal. Contoh tekanan dari luar misalnya ketika kita dikritik bahwa produk kita kurang layak, maka kita dengan lapang dada harus menerima keritikan tersebut walaupun memang sangat menyakitkan.

Karna ketika kita mengabaikan keritikan itu pastinya sedikit demi sedikit pelanggan yang kita punya akan menghilang lambat laun.

3. Kepribadian

Selain itu juga kondisi fisik seorang wirausahawan harus tetap dijaga sepanjang waktu, baik itu dari sisi rohaninya, hasmaninya maupun emosionalnya. Karna dalam mengambil sebuah keputusan itu tidak mudah terlebih lagi memang jiwanya masih dalam kondisi yang buruk, pastinya keputusan yang dikeluarkan juga buruk.

0 Response to "Sikap dan Faktor Keberhasilan Wirausaha Yang Harus Diketahui Oleh Wirausahawan"

Post a Comment

wdcfawqafwef