ANALISIS PENGARUH KUALITAS INFORMASI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF DALAM BELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Raden Intan Lampung)

Loading...
Loading...

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, manusia dituntut untuk hidup serba praktis dan canggih dalam melakukan berbagai aktivitas. Dalam era globalisasi ini teknologi memegang peranan yang penting bagi kehidupan manusia, khususnya internet.



Internet digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi, selain itu dapat dikembangkan untuk menjangkau aspek politik, sosial, ekonomi dan budaya. Pengguna yang bertambah dari tahun ke tahun menyebabkan internet tidak hanya digunakan sebagai sarana informasi dan komunikasi saja, tetapi dapat digunakan juga sebagai sarana untuk perdagangan.

Adanya perkembangan jumlah pengguna internet menyebabkan perdagangan atau transaksi jual beli dapat dilakukan di dunia maya yang terhubung antara penjual dan pembeli. Transaksi jual beli antara penjual dan pembeli melalui koneksi ini dikenal dengan nama e-commerce.

E-Commerce menurut Laudon & Laudon (1998), adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis. Dengan adanya E-commerce memudahkan konsumennya memanfaatkan waktu berbelanja yang lebih singkat tanpa harus berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari barang yang diinginkan.

Dengan adanya kemudahan bertransaksi menggunakan berbagai macam aplikasi dalam e-commerce, ada hal negatif yang ditimbulkan. Salah satunya adalah muncul keinginan yang berlebihan dari para konsumen dalam melakukan transaksi secara online dan terkadang transaksi atau pembelian secara online tersebut dilakukan tanpa ada rencana sebelumnya atau biasa disebut dengan pembelian implusif.

Selain karena faktor kemudahan, faktor lain yang berpengaruh terhadap pembelian secara implusif atau pembelian yang tidak terencana antara lain faktor kualitas informasi yang diberikan oleh pihak online store, faktor harga dan faktor kualitas produk yang dimiliki oleh online store tertentu.

Faktor kualitas informasi dianggap berpengaruh karena konsumen membutuhkan informasi yang jelas tentang spesifikasi produk, karna hal ini merupakan hal yang paling penting dan yang harus diketahui calon pembeli yang akan bertransaksi secara online. Kemudian setelah informasi diketahui hal selanjutnya yang menjadi perhatian konsumen adalah harga dari barang tersebut.

Dan terakhir adalah kesesuaian spesifikasi dengan barang yang diterima oleh pembeli. Ketika faktor-faktor tersebut terpenuhi sesuai dengan minat pembeli maka akan sangat mungkin pembeli melakukan pembelian selanjutnya pada online store tersebut. Dan sebagai akibat yang berkelanjutan memungkinkan pembeli atau konsumen melakukan pembelian secara implusif.

Konsumen yang melakukan pembelian secara implusif tidak berfikir untuk membeli suatu produk. Mereka melakukan pembelian secara tidak sadar hanya karena ketertarikan terhadap produk tersebut tanpa memikirkan akibat yang muncul setelahnya. Dengan adanya pembelian secara implusif ini, konsumen cenderung akan lebih boros dari biasanya.

Padahal dalam Islam sudah jelas bahwa pemborosan adalah sesuatu yang dilarang sesuai dengan Qs. Al-Isra : 26. Yang artinya “...dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

Ayat diatas telah menjelaskan bahwa aktivitas pemborosan merupakan aktivitas yang dilarang baik yang menghabiskan harta pribadi ataupun milik bersama, yang sifatya mengekploitasi secara berlebih-lebihan dan tidak memperhatikan lingkugan dari luar.

Berdasarkan hal inilah, peneliti merasa tertarik untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, persepsi dan kualitas produk terhadap keputusan untuk melakukan pembelian implusif pada mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung yang notabenenya adalah subyek pembelian implusif yang mengerti syariah (ajaran Islam).

Berdasarkan masalah yang diuraikan diatas, maka selanjutnya akan dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:

  1. Bagaimana pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan dalam melakukan pembelian implusif? 
  2. Bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan dalam melakukan pembelian implusif?
  3. Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan dalam melakukan pembelian implusif?
  4. Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap keputusan pembelian implusif ?


Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Analisis data dilakukan secara statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sehingga secara deskriptif akan menjelaskan karakteristik dari variabel-variabel yang digunakan.

0 Response to "ANALISIS PENGARUH KUALITAS INFORMASI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF DALAM BELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Raden Intan Lampung)"

Post a Comment