Pengertian dan Tujuan Manajemen Keuagan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Loading...
Loading...
Ilmuekonomi.net-Pembahasan kali ini akan membahas mengenai manajemen keuangan perusahaan, pengertian manajemen keuangan, keuangan perusahaan ,manajer keuangan ,ruang lingkup manajemen keuangan ,tujuan keuangan dalam perusahaan ,cara manajemen keuangan ,kegiatan manajemen keuangan ,manfaat manajemen keuangan ,mengelola keuangan usaha ,artikel manajemen keuangan ,manajemen pembiayaan ,perencanaan keuangan perusahaan ,tugas manajer keuangan ,tujuan manajemen keuangan ,fungsi keuangan dalam perusahaan ,fungsi administrasi keuangan ,tugas pokok manajer keuangan ,peranan keuangan dalam perusahaan ,fungsi manajemen keuangan dan tugas manajemen keuangan.


Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.(Kembar.pro)

Tujuan Manajemen Keuangan

Untuk dapat mengambil sebuah keputusan dalam perusahaan yang tepat manajer keuangan perlu menentukan tujuan yang harus dicapai dengan jelas. Keputusan yang benar adalah keputusan yang akan membantu mencapai tujuan tersebut. Sedangkan tujuan keputusan keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan.

Sedangkan nilai perusahaan adalah harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli papbila perusahaan tersebut dijual. Peningkatan nilai perusahaan dipergunakan sebagai tujuan normatif.

Bagi setiap perusahaan yang menerbitkan saham di pasar modal atau go public, harga saham yang diperjual belikan di bursa merupana indikator nilai perusahaan. Sedangkan bagi perusahaan yang belum go public nilai perusahaan terealisasi apabila perusahaan akan dijual.
Tujuan manajemen keuangan adalah menjaga dan menstabilkan nilai perusahaan dan memakmuran pemegang saham, bukan memaksimumkan profit.
Maksud dari memaksimumkan profit berartti mengabaikan tanggung jawab sosial, mengabaikan risiko, dan berorientasi jangka pendek.

Pengertian Tujuan Manajemen Keuagan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Tujuan Perusahan

Tujuan perusahaan pada dasarnya adalah memaksimumkan nilai perusahaan dengan pertimbangan teknis sebgai berikut:

  1. Memksimumkan nilai bermakna lebih luas daripada memaksimumkan laba, karena memaksimumkannilai bererti mempertimbangkan oengarun waktu terhadap nilai uang.
  2. Memaksimumkan nilai berarti mempertimabgkan berbagai risiko terhadap arus pendapatan perusahaan.
  3. Mutu dari arus dana yang diharapkan diterima di masa yang akan datang mungkin beragam.

Nilai adalah suatau yang dijunjung tinggi dan dihormati. Dalam perushaan hal ini diwujudkan dalam perhitungan laba operasional bersih atau net operating profit after tax yang lazim dibestu NOPAT.

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Manajemen Keuagan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan "

Post a Comment