Tugas dan Fungsi Keuangan dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Loading...
Loading...
Ilmuekonomi.net-Pembahasan kali ini akan membahas mengenai manajemen keuangan perusahaan, pengertian manajemen keuangan, keuangan perusahaan, manajer keuangan, ruang lingkup manajemen keuangan, tujuan keuangan dalam perusahaan, cara manajemen keuangan, kegiatan manajemen keuangan, manfaat manajemen keuangan, mengelola keuangan usaha, artikel manajemen keuangan, manajemen pembiayaan, perencanaan keuangan perusahaan, tugas manajer keuangan, tujuan manajemen keuangan, fungsi keuangan dalam perusahaan, fungsi administrasi keuangan, tugas pokok manajer keuangan, peranan keuangan dalam perusahaan, fungsi manajemen keuangan dan tugas manajemen keuangan.



Pengertian manajem keuangan

Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Fungsi dan Tugas Manajemen Keuangan

Dalam perusahaan manajemen keuangan memiliki beberapa fungsi yang begitu fital dalam mengelola keuangan perusahaan tersebut, fungsi-fungsi tersebut adalah:

1. Oprasional 

Fungsi manajemen keuangan yang pertama adalah oprasional. Kegiatan oprasional sehari-hari manajemen keuangan dalam suatu perusahaan lebih mengutamakan biaya oprasional perusahaan terlebih dahulu, terutama jika ada uang yang masuk. Jika biaya oprasional sudah mencukupi, baru biaya-biaya lain dipenuhi.

Oprasional hanya menetapkan pendapatan – biaya = L/R. jika suatau perusahaan mendapatan keuntungan atau laba (L), maka dana tersebut dialokasikan ke dua hal:

  1. Yang pertama adalah Bonus yaitu laba yang dibagian kepada karyawan
  2. Yang kedua adalah laba ditahan, yaitu dengan tujuan mengembangkan usaha yang akan di bagiakan oleh investor dalam bentuk deviden


2. Pendanaan (Perencanaan Keuangan)

Setelah semua biaya oprasional perusahaan terpenuhi maka fungsi manajemen keuangan berikutnya menghimpun sumber dana atau modal dari beberapa pihak yang telah ditentukan, seperti para investor, dana yang dipinjam dari perusahaan luar jika mengharuskan dan modal perusahaan itu sendiri. Selain itu juga perencaan keuangan ini akan merinci semua biaya yang masuk dan keluar, agar dapat memaksimalkan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Tugas dan Fungsi Keuangan dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Perencanaan keuangan ini berisikan daftar tentang tujuan-tujuan keuangan yang dilengkapi dengan cara bagaimana mencapai tujuan tersebut. Karena itu kadang perencana keuangan tidak bisa memberikan jawaban yang bersifat umum kepada tiap orang atau perusahaan. Hal ini dikarenakan tiap perusahaan atau individu memiliki kondisi, tujuan dan strategi yang berbeda dalam mengembangkan usaha.

3. Investasi (nalisis MK yang menghasilkan profit)

Manajemen keuangan juga berfungsi untuk mengatur pengelolaan keuangan dengan tepat. Dengan menggunakan dana yang dimiliki suatu perusahaan maka pengelolaan keuangan juga menggunakan dana yang dimiliki untuk digunakan dalam operasional dengan tepat seprti investasi.

Jika biaya oprasional perusahaan sudah terpenuhi dan pendanaan sudah mencukupi, maka fungsi manajemen keuangan berikutnya adalah menentukan dana yang diinvestasikan dengan tujuan memaksimalkan laba.

4. Menyimpan uang

Manajemen keuangan akan mengumpulkan dana perusahaan maka dana yang terkumpul tersebut akan disimpan agar aman.

5. Pengendalian keuangan

Dalam kegiatannya manajemen keuangan juga akan mengendalikan dana yang dimiliki perusahaan agar tidak digunakan sia-sia.

6. Pemeriksaan dan pelaporan keuangan

Untuk mencegah penyimpangan terhadap dana perusahaan maka manajemen keuangan akan mengatur pemeriksaan keuangan kemudian melaporkan semua pemeriksaan keuangan tersebut kepada atasan dengan data yang akurat.

0 Response to "Tugas dan Fungsi Keuangan dalam Mengelola Keuangan Perusahaan"

Post a Comment