Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi, Laporan Laba/Rugi, Neraca dan Perubaha Ekuitas Beserta Jawabannya

Loading...
Loading...
Setelah mempelajari mengenai laporan laba-rugi, neraca dan perubahan ekutias. Pada pembahasan berikut ini akan membahas mengenai contoh laporan perubahan ekuitas, contoh laporan keuangan perusahaan jasa, contoh soal persamaan dasar akuntansi beserta jawabannya, contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan jasa, contoh soal akuntansi perusahaan jasa beserta jawaban, contoh soal persamaan dasar akuntansi dan contoh soal laba rugi.


Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) adalah sistematika pencatatan yang menggambarkan suatu hubungan yang ada pada perusahaan, yaitu pengaruh transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan yang meliputi harta (aktiva) dengan sumber dananya.

Laba/Rugi

Laporan laba rugi (Inggris : Income Statement atau Profit and Loss Statement) adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.

Perubahan Modal


Laporan perubahan modal (ekuitas) adalah merupakan salah satu dari laporan keuangan yang harus dibuat oleh perusahaan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode yang bersangkutan berdasarkan prinsip pengukuran tertentu yang dianut.

Neraca

NERACA adalah suatu bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan atau entitas bisnis yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi dimana menunjukkan posisi atas keuangan perusahaan atau entitas bisnis tersebut.

CONTOH SOAL DAN PENYELESAIANNYA

Pada tanggal 1 Agustus 2007, Karina, S.Psi. membuka sebuah kantor konsultan pendidikan. Berikut ini adalah transaksi-transaksi yang terjadi selama bulan pertama operasi perusahaan tersebut.

  1. Menyerahkan kas sebesar Rp. 20.000.000,- sebagai setoran modal.
  2. Membayar sewa kantor bulan Juli Rp. 1.600.000,-.
  3. Membeli peralatan kantor secara kredit seharga Rp. 6.000.000,-.
  4. Memberikan jasa kepada klien secara tunai, Rp. 3.000.000,-
  5. Meminjam uang dari bank BCA sebesar Rp. 1.400.000,- dengan menandatangani sebuah wesel.
  6. Memberikan jasa kepada klien secara kredit Rp. 4.000.000,-.
  7. Membayar biaya-biaya sebagai berikut: gaji pegawai Rp. 1.000.000,-; biaya listrik Rp. 600.000,-; biaya telepon Rp. 200.000,-.


Pertanyaan:


  1. Catatlah transaksi-transaksi di atas ke dalam persamaan dasar akuntansi.
  2. Susunlah laporan laba-rugi, laporan perubahan ekuitas, dan neraca per 31 Agustus 2007 untuk kantor konsultan milik Karina, S.Psi.


Penyelesaian

(a) Pencatatan transaksi yang terjadi selama bulan Agustus 2007 ke dalam persamaan dasar akuntansi

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi, Laporan Laba/Rugi, Neraca dan Perubaha Ekuitas Beserta Jawabannya

(b) Laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, dan laporan perubahan ekuitas, dan necara dari kantor konsultan Karina, S.Psi. pada bulan Agustus 2007.

Kantor Konsultan Karina S.Psi.
Laporan Laba Rugi
Untuk Bulan yang Berakhir 31 Agustus 2007
              (dalam Rp. 000,-)
Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi, Laporan Laba/Rugi, Neraca dan Perubaha Ekuitas Beserta Jawabannya

Baca Juga: Macam-Macam Laporan Akuntansi

0 Response to "Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi, Laporan Laba/Rugi, Neraca dan Perubaha Ekuitas Beserta Jawabannya"

Post a Comment