Pengertian dan Fungsi PDRB Produk Domestik Regional Bruto

Loading...
Loading...
Sektor unggulan merupakan sektor potensial yang di miliki oleh suatu wilayah karena merupakan sektor basis yang dapat dikembangkan dan dimaksimalkan untuk menjadi penentu perkembangan ekonomi suatu wilayah. 

Pada dasarnya sektor unggulan daerah dapat memberikan kontribusi yang besar pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), bukan hanya untuk daerah itu sendiri tapi juga untuk memenuhi kebutuhan daerah lain. 

Semua kegitan lain yang bukan kegitan basis termasuk kedalam kegiatan/ sektor service atau pelayanan, tetapi untuk tidak menciptakan pengertian yang keliru tentang arti service maka disebut saja sektor non basis atau bukan sektor unggulan wilayah tersebut.

Sedangkan untuk melihat sektor unggulan dari masing-masing kecamatan ditiap Kabupaten, tentunya harus melihat terlebih dahulu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). 

Dengan melihat sembilan sektor yaitu sektor industri pengolahan, sektor pengangkutan dan komunikasi, sektor argo dan kelautan, sektor pertambangan dan penggalian, sektro kekayaan alam lainnya, sektor properti, sektro pariwisata, sektor bank dan lembaga keuangan lain dan sektor jasa-jasa.

Dari kesembilan sektor tersebut akan terlihat mana yang paling besar kontribusinya terhadap PAD pendapatan asli daerah, maka itulah yang akan dijadikan sektor unggulan. Sehingga daerah tersebut hanya fokus untuk meningkatkan sektor unggulan tersebut, tidak pada sektor yang lainnya dengan tujuan meefisiensi pengeluaran dan memaksimalkan output.

PDRB

Perencanaan pembangunan ekonomi, memerlukan bermacam data statistik sebagai dasar berpijak dalam menentukan strategi kebijakan, agar sasaran pembangunan dapat dicapai dengan tepat. Strategi dan kebijakan yang telah diambil pada masa-masa lalu perlu dimonitor dan dievaluasi hasil-hasilnya. 

Berbagai data statistik yang bersifat kuantitatif diperlukan untuk memberikan gambaran tentang keadaan pada masa yang lalu dan masa kini, serta sasaran-sasaran yang akan dicapai pada masa yang akan datang.

Pada hakekatnya, pembangunan ekonomi adalah serangkaian usaha dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperluas lapangan kerja, memeratakan distribusi pendapatan masyarakat, meningkatkan hubungan ekonomi regional dan melalui pergeseran kegiatan ekonomi dari sektor primer ke sektor sekunder dan tersier. 

Pengertian dan Fungsi PDRB Produk Domestik Regional Bruto
Masyarakat Kampung Tunggal Bumi, Kecamatan Talisayan mengembangkan tanaman palawija dan menjadikan penopang perekonomian

Dengan perkataan lain arah dari pembangunan ekonomi adalah mengusahakan agar pendapatan masyarakat naik, disertai dengan tingkat pemerataan yang sebaik mungkin.

Untuk mengetahui tingkat dan pertumbuhan pendapatan masyarakat, perlu disajikan statistik Pendapatan Nasional/Regional secara berkala, untuk digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunan nasional atau regional khususnya di bidang ekonomi.

Angka-angka pendapatan nasional/regional dapat dipakai juga sebagai bahan evaluasi dari hasil pembangunan ekonomi yang telah dilaksanakan oleh berbagai pihak, baik pemerintah pusat/daerah, maupun swasta. Apa yang Dimaksud dengan PDRB?

Pengertian Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah nilai tambah bruto seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen. 

Penyusunan PDRB dapat dilakukan melalui 3 (tiga) pendekatan yaitu pendekatan produksi, pengeluaran, dan pendapatan yang disajikan atas dasar harga berlaku dan harga konstan (riil).

PDRB atas dasar harga berlaku atau dikenal dengan PDRB nominal disusun berdasarkan harga yang berlaku pada periode penghitungan, dan bertujuan untuk melihat struktur perekonomian.

Sedangkan PDRB atas dasar harga konstan (riil) disusun berdasarkan harga pada tahun dasar dan bertujuan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi.

FUngsi dan Kegunaan Produk Domestik Regional Bruto

Data pendapatan nasional adalah salah satu indikator makro yang dapat menunjukkan kondisi perekonomian nasional setiap tahun. Manfaat yang dapat diperoleh dari data ini antara lain adalah:

  1. PDRB harga berlaku (nominal) menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang dihasilkan oleh suatu wilayah. Nilai PDRB yang besar menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang besar, begitu juga sebaliknya.
  2. PDRB harga konstan (riil) dapat digunakan untuk menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan atau setiap kategori dari tahun ke tahun.
  3. Distribusi PDRB harga berlaku menurut lapangan usaha menunjukkan struktur perekonomian atau peranan setiap kategori ekonomi dalam suatu wilayah. Kategori-kategori ekonomi yang mempunyai peran besar menunjukkan basis perekonomian suatu wilayah.
  4. PDRB per kapita atas dasar harga berlaku menunjukkan nilai PDB dan PNB per satu orang penduduk.
  5. PDRB per kapita atas dasar harga konstan berguna untuk mengetahui perumbuhan nyata ekonomi perkapita penduduk suatu negara.



0 Response to "Pengertian dan Fungsi PDRB Produk Domestik Regional Bruto"

Post a Comment