Pengertian dan Macam-Macam Profesi Akuntansi (Publik dan Intern) Beserta Fungsinya

Loading...
Loading...

Ilmuekonomi.net-Pembahasan berikut ini akan membahas mengenai pengertian profesi akuntansi, macam-macam profesi akuntansi, pengertian akuntansi publik, pengertian akuntansi intern, macam macam profesi akuntansi, pengertian profesi akuntansi, bidang bidang akuntansi, profesi akuntan, sistem pengendalian intern, pengertian akuntansi sektor publik, bidang spesialisasi akuntansi, bidang-bidang spesialisasi akuntansi, pengertian akuntansi keuangan, pengertian akuntansi umum, general accounting, pengertian akuntansi biaya, cost accounting, pengertian akuntansi menurut para ahli, sistem informasi akuntansi, pengertian akuntasi manajemen, fungsi akuntansi manajemen, pengertian akuntansi pemeriksaan, auditing, pengertian akuntansi perpajakan, tax accounting, pengertian akuntansi anggaran, budgetary accounting dan covernmental accounting.

Profesi Akuntansi

Kontribusi para akuntan terhadap sistem sosial ekonomi suatu negara tidaklah sedikit. bidang spesialisasi akuntansi dalam praktik sehari-hari. Secara garis besar, akuntansi dibedakan menjadi
dua bidang yaitu: 
  1. akuntansi publik
  2. akuntansi intern (akuntansi swasta)
Profesi akuntan dikelompokkan menjadi 2 (dua), yaitu akuntan publik dan akuntan intern.

Akuntansi Publik

Pengertian Akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik (lihat di bawah) di Indonesia. Setiap akuntan publik wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), asosiasi profesi yang diakui oleh Pemerintah.

Akuntansi publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansi bagi masyarakat. Akuntan yang berprofesi pada akuntansi publik disebut sebagai akuntan publik dan mereka akan mendapatkan fee dari pengguna jasanya. 

Jenis pekerjaan yang biasa dilakukan oleh akuntan publik meliputi pemeriksaan laporan keuangan, bantuan di bidang perpajakan, sistem informasi akuntansi ataupun konsultasi manajemen. 

Untuk dapat menjadi Akuntan Publik Bersertifikat (Certified Public Accountants = CPA) ada persyaratan khusus yang harus ditempuh oleh para akuntan. 

Organisasi profesi akuntan di Indonesia disebut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Sedangkan, dalam akuntansi internal, para akuntan akan bekerja pada sebuah perusahaan. 

Akuntansi Intern

Pengertian Akuntan intern adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan intern ini disebut juga akuntan perusahaan atau akuntan manajemen. Jabatan tersebut yang dapat diduduki mulai dari Staf biasa sampai dengan Kepala Bagian Akuntansi atau Direktur Keuangan.

Akuntansi intern disebut juga akuntansi swasta. Para akuntan yang berkecimpung dalam akuntansi intern ini dikatakan berprofesi sebagai akuntan intern atau akuntan swasta atau akuntan manajemen. Jasa yang diberikan oleh para akuntan dalam sebuah perusahaan meliputi pekerjaanpekerjaan sebagai: 
  1. controller
  2. bookkeeper (pemegang buku)
  3. cost accountant (akuntan industri atau akuntan biaya)
  4. Internal auditor (pemeriksa intern)
  5. tax specialist
  6. akuntan penyusun anggaran

Macam-Macam Bidang Akuntansi Beserta Fungsinya

1. Akuntansi keuangan 

Akuntansi keuangan disebut juga akuntansi umum (general accounting). Informasi yang disajikan dari akuntansi keuangan berupa laporan keuangan, yang penggunanya adalah pengambil keputusan dari pihak luar perusahaan. 

Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan bersifat umum untuk berbagai pengguna. Kelompok pengguna yang biasanya memerlukan informasi akuntansi keuangan adalah:
  1. Pemilik perusahaan, menggunakan informasi keuangan ini untuk pengambilan keputusan apakah mereka akan tetap bertahan pada pemilikan perusahaan tersebut atau harus melepaskan kepemilikan dalam perusahaan.
  2. Kreditor perusahaan, menggunakan informasi keuangan ini untuk pengambilan keputusan apakah pihaknya akan memperpanjang pemberian kredit perusahaan tersebut atau menolaknya.
  3. Pemerintah menggunakan informasi ini sebagai dasar penetapan besarnya pajak, dsb.
  4. Karyawan memerlukan informasi keuangan ini untuk melakukan negosiasi dengan perusahaan dalam hal kontrak atau berbagai keputusan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.
  5. Pelanggan perusahaan menggunakan informasi keuangan ini untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kerja sama dengan perusahaan. 
Fungsi Akuntansi Keungan

Akuntansi keuangan biasanya meliputi tiga fungsi, yaitu:
  1. pemilihan dan pencatatan data, 
  2. analisis data, dan 
  3. menyiapkan laporan bagi pengguna. 
Ilustrasi dibawah ini menunjukkan ketiga fungsi tersebut.

Ilustrasi Tiga Fungsi dalam Akuntansi Keuangan

Pengertian dan Macam-Macam Profesi Akuntansi (Publik dan Intern) Beserta Fungsinya

2. Akuntansi biaya (cost accounting)

Akuntansi biaya (cost accounting penganggaran masuk dalam kelompok akuntansi manajemen. Manajemen perusahaan harus menyediakan berbagai informasi untuk pencapaian sasaran. 

Kategori utama dari informasi yang diperlukan adalah untuk perencanaan dan pengendalian perusahaan yang bersifat harian. 

Manajemen harus mengetahui apa yang terjadi di perusahaan dan lingkungannya pada saat sekarang dan apakah operasi perusahaan bisa berjalan dengan lancar sebagaimana yang diinginkan untuk mencapai tujuannya. 

Kategori lain atas informasi yang dibutuhkan manajemen adalah untuk perencanaan jangka panjang, misalnya untuk menentukan kebijakan menyeluruh bagi perusahaan atau untuk membuat kebijakan khusus karena adanya kejadian di masa lampau yang tidak diinginkan akan terulang lagi di masa mendatang.

3. Akuntansi manajemen 

Akuntansi manajemen meliputi tiga fungsi, yaitu: 
  1. pemilihan dan pencatatan data, 
  2. analisis data, dan 
  3. menyiapkan laporan bagi manajemen. 
Ketiga fungsi ini nampak dalam skema sebagai berikut: 

Ilustrasi Tiga Fungsi dalam Akuntansi Manajemen

Pengertian dan Macam-Macam Profesi Akuntansi (Publik dan Intern) Beserta Fungsinya

4. Akuntansi pemeriksaan (Auditing)

Akuntansi pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan terhadap catatan hasil kegiatan Akuntansi Keuangan yang bersifat pengujian atas kelayakan Laporan Keuangan secara bebas (independen/ tidak berpihak) dan obyektif.

5. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Bidang akuntansi perpajakan berhubungan dengan penentuan obyek pajak yang menjadi tanggungan perusahaan serta perhitungannya. Kegiatan akuntansi perpajakan adalah membantu manajemen dalam menentukan pilihan-pilihan transaksi yang akan dilakukan sehubungan dengan pertimbangan perpajakan.

6. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Bidang kegiatan akuntansi anggaran berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi, untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan (anggaran) dalam suatu periode tertentu.

7. Akuntansi Pemeriksaan (Governmental Accounting)

Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan masalah pemeriksaan keuangan negara lazim disebut Administrasi Keuangan Negara.

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Profesi Akuntansi (Publik dan Intern) Beserta Fungsinya"

Post a Comment