Pengertian, Definisi dan Macam-Macam Jenis Persediaan Perusahaan Manufaktur/Pabrik Dalam Akuntnasi

Loading...
Loading...
Ilmuekonomi.net-Pembahasan kali ini akan membahas mengenai metode pencatatan persediaan, sistem pencatatan persediaan, proses produksi perusahaan manufaktur, jenis jenis persediaan, macam macam persediaan, persediaan perusahaan manufaktur, definisi persediaan, pengertian akuntansi persediaan, pengertian persediaan dalam akuntansi, pengendalian persediaan bahan baku, pengertian persediaan bahan baku dan pengertian persediaan barang jadi.


Pengertian Persediaan

Pengertian persediaan dalam akuntansi adalah aset yang tersedia untuk dujual dalam kegiatan usaha normal, dalam proses produksi, dan atau dalam perjalanan atau dalam bentuk bahan atau perlengkapan (supplies) untuk digunakan dalam proses peroduksi atau pemberian jasa. (Menurut psak no 14 tahun 2007)

Tiga Jenis Persediaaan pada Perusahaan Manufaktur/Pabrik

Saudara telah mempelajari bahwa biaya pabrik suatu perusahaan dapat diklasifikasi menjadi tiga kategori umum: 
  1. bahan baku (bahan dan penolong yang langsung dipergunakan dalam memproduksi/ pembuatan produk); 
  2. tenaga kerja langsung (tenaga kerja yang berkaitan langsung dengan pembuatan produk, sebagai lawan pengawas dan tenaga kerja tidak langsung), dan 
  3. overhead pabrik (semua biaya pabrik lainnya kecuali biaya bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung). 
Ketiga unsur biaya pabrik ini dikumpulkan dalam perkiraan persediaan pada laporan keuangan perusahaan. Neraca perusahaan manufaktur / pabrik biasanya melaporkan ketiga persediaan tersebut:

1. Persediaan bahan baku

Pengertian persediaan bahan baku adalah harga perolehan bahan baku dan penolong yang masih terdapat dalam persediaan pada tanggal neraca. Bahan baku ini belum dipergunakan untuk membuat produk yang dihasilkan perusahaan.

2. Barang dalam proses/pengerjaan

Ini menunjukkan biaya yang terjadi dalam pembuatan barang yang masih belum selesai pada tanggal neraca. Misalnya, sebuah perusahaan mungkin memiliki 1.000 unit produk yang masih dalam proses pembuatan pada tanggal neraca. Produk ini akan diselesaikan dalam periode berikutnya. Persediaan barang dalam proses biasanya mencakup ketiga unsur biaya – bahan baku, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik.

3. Persediaan barang jadi

Pengertian persediaan barang jadi adalah total biaya yang terjadi untuk menghasilkan unit produk yang telah selesai tapi belum terjual pada tanggal neraca. Persediaan barang jadi biasanya mencakup ketiga unsur biaya – bahan baku, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik.

Dengan demikian, sebuah pabrik harus mempunyai pesediaan untuk tiga jenis yang berlainan dan bukannya perkiraan persediaan seperti pada perusahaan dagang.

Pengertian, Definisi dan Macam-Macam Jenis Persediaan Perusahaan Manufaktur/Pabrik Dalam Akuntnasi

Tiga Sistem Akuntansi Perusahaan Manufaktur/ Pabrik

Tiga sistem yang populer untuk membukukan dan melaporkan persediaan dan proses pembuatan adalah:
  1. Sistem periodik.
  2. Sistem job order cost (biaya pesanan), yang menggunakan metode perpetual.
  3. Sistem process cost (biaya proses), yang juga menggunakan metode perpetual.
Pada bagian ini selanjutnya akan menguraikan sistem job order dan sistem biaya proses. Unit ini menguraikan metode periodik untuk melaporkan operasi pabrik.

Dalam sistem periodik, harga perolehan pesediaan ditentukan oleh suatu daftar terinci barang persediaan yang masih ada pada saat penutupan periode akuntansi. Kalau suatu persediaan hanya dapat ditentukan dengan melakukan perhitungan secara fisik dalam suatu jangka waktu tertentu, sistem tersebut dikenal sebagai sistem periodik. 

Dalam metode periodik untuk melaporkan pesediaan, pada akhir setiap peiode operasi perhitungan persediaan secara fisik harus dilakukan atas bahan baku, barang dalam proses pengerjaan, dan barang jadi. 

Kemudian, juga pada akhir masa pembukuan, perhitungan juga dilakukan untuk harga barang yang dibuat, dan kemudian untuk harga pokok barang yang dijual. Biaya yang belakangan, seperti saudara ketahui, adalah data yang diperlukan untuk pembuatan ikhtisar Laba Rugi. 

Marilah pertama kali kita membahas laporan pabrikasi sebuah perusahaan, yang sebenarnya merupakan suatu laporan terinci mengenai rincian biaya barang yang dihasilkan.

0 Response to "Pengertian, Definisi dan Macam-Macam Jenis Persediaan Perusahaan Manufaktur/Pabrik Dalam Akuntnasi"

Post a Comment