Pengertian Macam-Macam Jenis Laporan Keuangan dalam Akuntansi Beserta Contohnya

Loading...
Loading...
Ilmuekonomi.net-Pembahasan kali ini akan membahas mengenai contoh laporan keuangan perusahaan, laporan arus kas, laporan laba rugi, contoh neraca, pengertian laporan keuangan, contoh laporan keuangan perusahaan jasa, laporan laba rugi perusahaan dagang, jenis laporan keuangan, macam macam laporan keuangan dan contoh laporan laba rugi perusahaan dagang.


Laporan Keuangan

Setelah transaksi bisnis dicatat dan diikhtisarkan, maka laporan baginpengguna bisa disiapkan. Laporan akuntansi yang menghasilkan informasinkeuangan disebut laporan keuangan. Laporan keuangan utama yang dihasilkannperusahaan perorangan meliputi laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik,nneraca, dan laporan arus kas.
Pengertian Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi : Neraca.

Macam-Macam Laporan Keuangan

Di dalam laporan keuangan terdapat bermacam-macam laporan keuangan, untuk dapat mengetahui dengan jelas apa saja macam-macam dari laporan keuangan. Mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan di bawah ini.

1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Pengertian laporan Laba Rugi adalah laporan keuangan yang bisa menunjukkan kondisi usaha suatu perusahaan di dalam suatu periode tertentu.

Laporan ini melaporkan pendapatan dan beban selama periode waktu tertentu berdasarkan konsep penandingan (matching concept). Konsep penandingan digunakan untuk menandingkan atau mengaitkan antara pendapatan dan beban selama periode terjadinya.
Laba bersih – selisih lebih pendapatan terhadap beban – meningkatkan ekuitas pemilik
Selain itu, laporan laba rugi juga melaporkan kelebihan pendapatan terhadapnbeban-beban yang terjadi, yang disebut laba bersih (net income), dan sebaliknyanjika beban melebihi pendapatan disebut rugi bersih (net losses).

Dampak dari pendapatan yang dihasilkan dari beban yang terjadi selama sebulan beroperasi
ditunjukkan dalam persamaan dasar akuntansi sebagai kenaikan dan penurunan ekuitas pemilik.

Pengaruh adanya laba bersih suatu periode akan meningkatkan ekuitas pada periode tersebut, sebaliknya, jika terjadi rugi bersih akan menurunkan ekuitas pemilik dalam periode yang bersangkutan.
Laba bersih akan meningkatkan ekuitas pemilik, rugi bersih akan menurunkan ekuitas pemilik.

2. Laporan Ekuitas Pemilik (Owner’s Equity Statement)

Pengertian Laporan Perubahan Ekuitas adalah laporan keuangan yang menunjukkan perubahan ekuitas selama satu periode. Laporan ekuitas terdiri dari saldo awal modal pada neraca saldo setelah disesuaikan ditambah laba bersih selama satu periode dikurangi dengan pengambilan prive.

Laporan ekuitas pemilik melaporkan perubahan ekuitas pemilik selama jangka waktu tertentu. Laporan ini merupakan penghubung antara laporan laba rugi dengan neraca. Laporan ini dipersiapkan setelah laporan laba rugi, karena laba bersih atau rugi bersih periode berjalan harus dilaporkan dalam laporan ini. Laporan ini dibuat sebelum mempersiapkan neraca, karena jumlah ekuitas pemilik pada akhir periode harus dilaporkan di neraca.
Laporan ekuitas pemilik merupakan penghubung antara laporan laba rugi dengan neraca pemilik

3. Neraca (Balance Sheet)

Neraca adalah laporan keuangan yang dapat menunjukkan jumlah aktiva (harta), kewajiban (utang), dan juga modal perusahaan (ekuitas) dari sebuah perusahaan pada periode tertentu.

Neraca perusahaan merupakan laporan keuangan yang menunjukkan aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik per tanggal tertentu. Bentuk neraca ada 2 (dua), yaitu bentuk akun (account form) dan bentuk laporan (report form).
Neraca menunjukkan aset, kewajiban dan ekuitas pemilik
Pada neraca bentuk akun, aset ditempatkan di sebelah kiri, sedangkan kewajiban dan ekuitas ada di sebelah kanan. Pada neraca dengan bentuk laporan, neraca diletakkan di atas, sebelum kewajiban dan ekuitas.

Bagian aset dalam neraca biasanya disusun berdasarkan urutan cepat lambatnya aset tersebut dikonversikan menjadi kas atau digunakan dalam operasi
Dua bentuk neraca adalah bentuk akun dan bentuk laporan.
Pada bagian kewajiban, semua jenis kewajiban harus disajikan berdasarkan urutan waktu pembayarannya. Kewajiban yang harus segera diselesaikan disajikan pada urutan yang paling atas. Sedangkan pada bagian ekuitas pemilik, karena jenis perusahaannya adalah perorangan, maka hanya ada satu modal pemilik.

4. Laporan arus kas (Cash flows Statement)

Pengertian Laporan Arus Kas adalah laporan keuangan yang dapat menunjukkan arus kas masuk dan juga arus kas keluar perusahaan. Arus kas masuk adalah berupa pendapatan maupun pinjaman dari pihak lainnya. Sedangkan arus kas keluar adalah biaya-biaya yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan.

Jenis Laporan Arus Kas
Laporan arus kas terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu: 
  1. arus kas dari aktivitas operasi, 
  2. aktivitas investasi, 
  3. aktivitas pendanaan.
Arus kas dari aktivitas operasi. Bagian ini melaporkan ikhtisar penerimaan dan pembayaran kas yang menyangkut operasi perusahaan. Arus kas bersih dari aktivitas operasi biasanya berbeda dari jumlah laba bersih periode berjalan. Perbedaan ini terjadi karena pendapatan dan beban tidak selalu diterima atau dibayar secara tunai.

Laporan kas terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu:
  1. arus kas dari aktivitas operasi,
  2. arus kas dari aktivitas investasi,
  3. arus kas dari aktivitas pendanaan
Arus kas dari aktivitas investasi. Bagian ini melaporkan transaksi kas untuk pembelian atau penjualan aset tetap atau aset permanen. Arus kas dari aktivitas pendanaan. Bagian ini melaporkan transaksi kas yang berhubungan dengan investasi pemilik, peminjaman dana, dan pengambilan uang oleh pemilik. 

Contoh Laporan Keuangan
Berikut adalah ulasan bebarapa contoh laporan keuangan dalam akuntansi meliputi, contoh laporan laba rugi, contoh laporan ekuitas pemilik, contoh neraca, dan contoh laporan arus kas. Agar lebih jelasnya mari kita lihat gambar dibawah ini:


Pengertian Macam-Macam Jenis Laporan Keuangan dalam Akuntansi Beserta Contohnya
Pengertian Macam-Macam Jenis Laporan Keuangan dalam Akuntansi Beserta Contohnya
Pengertian Macam-Macam Jenis Laporan Keuangan dalam Akuntansi Beserta Contohnya

Setiap jenis laporan keuangan menyediakan data keuangan yang relevan bagi manajemen, pemilik perusahaan dan para pengguna lainnya. Setiap jenis laporan keuangan yang satu berkaitan dengan jenis laporan keuangan yang lain.

Keterkaitan antara laporan keuangan yang satu dengan lainnya dijelaskan sebagai berikut: 
  1. Laba bersih sebesar Rp. 54.400.000,- sebagaimana ditunjukkan dalam laporan laba rugi akan ditambahkan ke saldo modal Tn Airlangga awal, 1 Oktober 2006 yang ada pada laporan ekuitas pemilik, hingga menghasilkan saldo modal Tn Airlangga pada akhir periode, 31 Oktober 2006. 
  2. Modal Tn Airlangga pada akhir periode, 31 Oktober 2006 sebagaimana dalam laporan ekuitas pemilik sebesar Rp. 34.400.000,- dilaporkan dalam neraca per 31 Oktober 2006. 
  3. Posisi kas sebesar Rp. 482.400.000,- sebagaimana dalam neraca per 31 Oktober 2006 didapatkan sebagaimana disajikan pada laporan arus kas untuk bulan yang berakhir 31 Oktober 2006. 

Untuk melengkapi laporan yang ada di perusahaan, biasanya seperangkat laporan keuangan dilengkapi dan didukung dengan catatan atas laporan keuangan yang menjadi satu bagian dari laporan keuangan tersebut.

0 Response to "Pengertian Macam-Macam Jenis Laporan Keuangan dalam Akuntansi Beserta Contohnya"

Post a Comment