Peran Akuntansi Dalam Perusahaan Sebagai Sistem Informasi dan Pihak-Pihak Yang Memerlukan Informasinya

Loading...
Loading...
Ilmuekonomi.net-Pembahasan kali ini akan membahas mengenai peran akuntansi dalam perusahaan, penggunaan akuntansi, pihak pihak yang memerlukan informasi akuntansi, pemakai informasi akuntansi, sistem informasi akuntansi, akuntansi sebagai sistem informasi, pengguna informasi akuntansi, pemakaian informasi akuntansi dan pihak pemakai informasi akuntansi.


Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang seni dan teknik untuk mengukur, menjabarkan serta memberikan sebuah kepastian dari beberapa informasi yang berguna untuk menjadi landasan utama bagi para pengguna akuntansi seperti manajer, akuntan, auditor untuk menghasilkan sebuah kepastian.

Peran Akuntansi dalam Perusahaan dan Pengguna Akuntansi

Pihak-pihak yang berkepentingan menggunakan laporan akuntansi sebagai sumber informasi utama untuk pengambilan keputusan. Informasi lain pun juga diperlukan dalam pengambilan keputusan perusahaan. Informasi-informasi tersebut ditampung menjadi satu, dianalisis dan pada akhirnya dipakai sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Sebagai suatu sistem informasi, Akuntansi sangatlah diperlukan baik oleh pihak intern perusahaan, maupun dari luar perusahaan. Secara garis besar, pihak-pihak yang memerlukan informasi akuntansi adalah:

Peran Akuntansi dalam perusahaan adalah 
  • pengendalian keuangan atau pengendalian biaya (cost)
  • operasi perusahaan sehari-hari
  • pelaporan akuntansi termasuk neraca dan laporan laba rugi menyediakan informasi yg di butuhkan

Proses dimana akuntansi menghasilkan informasi bagi pengguna dijelaskan pada ilustrasi dibawah ini.

Peran Akuntansi Dalam Perusahaan Sebagai Sistem Informasi dan Pihak-Pihak Yang Memerlukan Informasinya
Gambar: Ilustrasi Informasi Akuntansi dan Pihak yang Berkepentingan

Pihak-pihak yang memerlukan informasi akuntansi

Pihak -pihak yang berkepentingan dengan informasi akuntansi adalah manajer, investor, kreditor, pemerintah, organisasi nirlaba, lainnya.

1. Manajer

Seorang manajer perusahaan memerlukan informasi akuntansi untuk penyusunan perencanaan perusahaan, mengevaluasi kemajuan yang dicapai perusahaan, serta melakukan tindakan koreksi yang diperlukan.

2. Investor

Para investor sangat memerlukan data akuntansi suatu organisasi untuk menganalisis perkembangan organisasi yang bersangkutan. Investor telah melakukan penanaman modal pada suatu usaha, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil. Sehingga, investor harus melakukan analisis laporan keuangan perusahaan yang akan dipilihnya untuk disuntik dana dari investor.

3. Kreditor

Kreditor berkepentingan dengan data akuntansi, karena kreditor berkepentingan untuk pemberian kredit kepada calon nasabahnya. Nasabah yang dipilih kreditor adalah nasabah yang mampu mengembalikan pokok pinjaman beserta bunganya pada waktu yang tepat. Oleh karena kreditor sangat berkepentingan dengan laporan keuangan calon nasabah dan nasabahnya.

4. Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah sangat berkepentingan dengan informasi akuntansi. Dari informasi keuangan suatu organisasi, pemerintah akan dapat menetapkan besarnya pajak yang harus dibayar oleh organisasi yang bersangkutan.

5. Organisasi Nirlaba

Meski organisasi nirlaba bertujuan tidak untuk mencari laba, organisasi ini masih sangat memerlukan informasi keuangan untuk tujuan penyusunan anggaran, membayar karyawan dan membayar bebanbeban yang lain.

6. Pemakai lainnya

Informasi akuntansi juga diperlukan oleh organisasi lainnya seperti organisasi buruh, yang memerlukan informasi akuntansi untuk mengajukan kenaikan gaji, tunjangan-tunjangan, serta mengetahui kemajuan perusahaan di mana mereka bekerja.


0 Response to "Peran Akuntansi Dalam Perusahaan Sebagai Sistem Informasi dan Pihak-Pihak Yang Memerlukan Informasinya"

Post a Comment