Pengertian serta Definis Pemasaran Tradisional dan Moderen Beserta Contohnya

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas mengenai perbedaan pemasaran tradisional dan moderen, pengertian pemasaran tradisional, pengertian pemasaran moderen, contoh pemasalan tradisional, contoh pemasaran moderen.

Definisi Pemasaran

Persaingan dan perkembangan teknologi telah mempercepat evolusi pemasaran yang berfokus produk ke layanan yang juga berevolusi. Dalam beberapa dekade terakhir, terhadi pergeseran fokus pada produk dan merek manajemen untuk membangun hubungan pelanggan pemasaran dan akhirnya menciptakan pengalaman pelanggan yang menarik melalui strategi experiential marketing

American Marketing Association

Definisi pemasaran menurut American Marketing Association (AMA) seperti yang dikutip oleh Rhenald Kasali (1998:53) adalah: Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan eksekusi, mulai dari tahap konsepsi, penetapan harga,promosi, hingga distribusi barang-barang, ide-ide dan jasa, untuk melakukan pertukaran yang memuaskan individu dan lembaga-lembaganya.

Nitisemito dalam Rambat Lupiyoadi

Nitisemito dalam Rambat Lupiyoadi (2001:31), mengemukakan pemasaran adalah “Semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan efektif”. 

Konsep inti pemasaran menurut pendapat di atas menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang harus dipenuhi dalam terjadinya proses pemasaran. 

Dalam pemasaran terdapat produk sebagai kebutuhan dan keinginan orang lain yang memiliki nilai sehingga diminta dan terjadinya proses permintaan karena ada yang melakukan pemasaran.Pemasaran menurut Kotler adalah suatu proses sosial dan manajerial yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk memperoleh yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.

Kotler dan Keller

Menurut Kotler dan Keller (2008:9) pemasaran terbagi atas 10 jenis entitas, yaitu :

  1. Barang, yaitu barang-barang yang berbentuk fisik dan merupakan bagian terbesar dari produksi dan usaha pemasaran kebanyakan negara.
  2. Jasa, yaitu ketika suatu negara perekonomiannya semakin maju, maka proporsi kegiatan yang ada terfokus pada produksi jasa. Banyak produksi untuk pasar yang mengalami bauran antara barang dan jasa.
  3. Pengayaan pengalaman, yaitu dengan memadukan antara beberapa produk barang dan jasa, perusahaan dapat menciptakan, mempergelarkan dan memasarkan pengayaan pengalaman.
  4. Peristiwa, yaitu ketika pemasar dapat tanggap akan kebutuhan konsumen untuk mempromosikan suatu peristiwa yang berkaitan dengan berupa ulang tahun, pameran dagang atau pementasan.
  5. Orang, yaitu perusahaan/individu yang bergerak di bidang konsultan manajemen dan menjadi Humas (PR) dari konsumen itu.
  6. Tempat, yaitu ketika sebuah perusahaan/ negara tanggap akan potensi yang ada, dan berusaha mengembangkan sehingga potensi yang ada menjadi sumber pemasukan bagi perusahaan atau negara tersebut. Para pemasar yang bergerak di bidang ini mencakup spesialis di bidang pengembangan ekonomi, agen real estate dan pariwisata.
  7. Properti, yaitu hak kepemilikan tak berwujud baik itu berupa benda nyata atau financial. Properti diperjual belikan, dan menyebabkan timbulnya pemasaran.
  8. Organisasi, yaitu bagaimana organisasi dapat secara aktif berusaha untuk membangun citra kuat pada masyarakat, guna lebih memenangkan persaingan yang ada. Hal ini membutuhkan pemasar yang tanggap terhadap apa dan bagaimana membentuk citra publik atas barang dan jasa yang dipasarkan.
  9. Informasi, yaitu sesuatu yang dapat di produksi dan dipasarkan sebagai suatu produk. Pada hakikatnya, informasi merupakan sesuatu yang di produksi dan di distribusikan serta dapat di nikmati.
  10. Gagasan, yaitu setiap penawaran pasar mencakup inti dari suatu gagasan dasar dari pemasar, yang berusaha mencari apa yang menjadi kebutuhan yang bisa dipenuhi”.


Dari definsi di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah sebuah proses sosial yang bertumpu pada pemenuhan kebutuhan individu dan kelompok dengan menciptakan pertukaran sehingga memberikan kepuasan yang maksimal.

Pengertian serta Definis Pemasaran Tradisional dan Moderen Beserta Contohnya

Konsep pemasaran

Konsep pemasaran adalah suatu falsafah manajemen dalam bidang pemasaran yang berorientasi kepada kebutuhan dan keinginan konsumen dengan didukung oleh kegiatan pemasaran terpadu yang diarahkan untuk memberikan kepuasan konsumen sebagai kunci keberhasilan organisasi dalam usahanya mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Jadi, konsep pemasaran merupakan orientasi perusahaan yang menekankan bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan keinginan pasar, dan selanjutnya memenuhi kepuasan langganan yang melebihi dari kepuasan yang diberikan oleh para saingan.

Jenis-Jenis Pemasaran

Jenis-Jenis pemasaran di bagi menjadi dua yaitu jenis pemasaran tradisional atau Traditional Marketing yang semuanya menggunakan metode langsung secara offline dan yang kedua yaitu pasar moderen atau Moderen Marketing yang semuanya menggunakan sistem online jadi hampir tidak ketemu antara penjual dan pembeli, untuk lebih lanjutnya akan di jelaskan di bawah ini:

Traditional Marketing atau Pasar Offline

Pasar tradisional sudah di lakukan sejak jaman dahulu, mengenai alat tukarnya selalu berbeda-beda di setiap zaman maupun setiap negara tergantung kebijakan yang di keluarkan oleh negara tersebut. 

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. 

Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. 

Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.

Contoh Pasar Tradisional adalah pemasran yang bisa di lakukan melalui media cetak seperti Koran, Majalah kemudian siaran Televisi, Radio, dan lain sebagainya.

Digital Marketing atau Pasar Online

Berkembangnya zaman menuntut untuk semakin banyak melakukan sebuah inovasi-inovasi baru yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih aman, terpercaya dan tentunya lebih praktis.

Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga. 

Yang digunakan dalam Internet marketing seperti pembuatan situs, mengenal search engine optimization (SEO), iklan banner, media sosial, PPC dan broadcast email.

Barang-barang yang dijual, selain bahan makanan makanan seperti; buah, sayuran, daging; sebagian besar barang lainnya yang dijual adalah barang yang dapat bertahan lama. Contoh dari pasar modern adalah pasar swalayan dan hypermarket, supermarket, dan minimarket.


MEMADUKAN DUA METODE PEMASARAN

Sebelum Internet berkembang, pemasaran produk atau layanan cukup dilakukan dengan iklan di tv, radio, surat atau melakukan penjualan langsung (door to door). Sekarang internet berkembang sangat pesat, sedangkan sebagian besar konsumen mengharapkan pemasaran yang disesuaikan dengan nilai keadaan yang bisa diambil keuntungan. Jadi mana yang benar? Adalah pemasaran internet lebih baik dari pemasaran tradisional atau sebaliknya?

Kuncinya adalah keseimbangan antara dua metode. Karena keterjangkauan dan efektivitas pemasaran internet, para ahli telah menyarankan menerapkan Aturan 80/20 untuk keduanya. Artinya investasi 80%untuk pemasaran online internet dan 20% pemasaran tradisional.

Pada akhirnya, keputusan terserah Anda. Memasukkan riset pasar ke dalam rencana pemasaran Anda akan membantu Anda menentukan bagaimana target pasar terbaik Anda akan tercapai. (homebusiness.about.com/)

0 Response to "Pengertian serta Definis Pemasaran Tradisional dan Moderen Beserta Contohnya"

Post a Comment